Aktual, Independen dan Terpercaya


Makan Pakai Tangan, Ini Manfaat Bagi Kesehatan

Makan-Pakai-Tangan.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Di beberapa negara seperti Indonesia, India maupun Arab, ada tradisi unik, yakni makan pakai tangan.

Mungkin bagi sebagian orang, kebiasaan atau tradisi ini cenderung tak higienis, karena harus memastikan tangan bersih sebelum digunakan.

Namun tahukah Anda bahwa makan dengan tangan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Seperti dilansir laman SUARACOM, Selasa 16 Januari 2018. Yuuk simak beberapa manfaat makan pakai tangan.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Menurut para ahli, makan dengan tangan bisa diartikan sebagai latihan otot yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Jadi bagi Anda yang tak punya waktu berolahraga, makan dengan tangan bisa jadi latihan otot yang mudah dilakukan.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Ketika Anda makan menggunakan tangan, maka saraf di ujung jari yang menyentuh makanan akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mendorong tubuh melepaskan enzim-enzim pencernaan. Hal ini membuat sebagian orang merasa makanan menjadi lebih enak saat dimakan menggunakan tangan.

3. Melindungi lidah dari makanan panas

Secara logika jika Anda mengonsumsi makanan dengan tangan maka Anda bisa menganalisis makanan tersebut panas atau tidak. Hal ini akan melindungi lidah Anda dari risiko mengunyah makanan yang panas.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Ketika sirkulasi darah menjadi lancar saat Anda makan dengan tangan maka hal ini juga berimbas pada kesehatan jantung. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus makan dengan tangan.

5. Mempermudah makan makanan yang bertulang

Makan dengan tangan juga membuat Anda lebih dapat menikmati makanan, seperti ketika harus melepaskan daging dan ikan dari tulangnya. Hal ini tak akan dirasakan mereka yang senang menggunakan sendok dan garpu saat makan.

Bagaimana, sudah tahu kan manfaat makan pakai tangan?(2)