Aktual, Independen dan Terpercaya


Jangan Sepelekan! Ini Beda Serangan Jantung pada Pria Vs Wanita

ilustrasi-serangan-jantung.jpg
(internet)

RIAU ONLINE - Kondisi jantung yang mencakup pembuluh yang sakit, masalah struktur, dan pembekuan darah serta disertai nyeri pada dada dan sesak nafas sering dikaitkan karena adanya tanda serangan jantung.

Penelitian bertahun-tahun pada gejala klinis ini menunjukkan sering dialami para pria. Eit, tapi jangan salah! Ternyata wanita justru memiliki risiko kematian lebih tinggi akibat serangan jantung dibandingkan pria.

Baca juga:

Penyakit Pembunuh Nomor Satu Bagi Perempuan

10 Makanan Ini Sehatkan Jantung

Hal ini dikarenakan mereka tidak menyadari gejala lain yang timbul selain nyeri di dada sehingga telat mendapatkan pertolongan.

Melansir dari Baptishealth yang dikutip dari Okezone.com, Rabu, 27 Desember 2017, hampir setengah dari wanita dalam sebuah penelitian tidak merasakan nyeri dada sama sekali ketika mengalami gejala serangan jantung.

"Baik wanita maupun pria mungkin memiliki gejala khas serangan jantung, seperti nyeri dada atau tekanan yang sering menyebar ke bahu, lengan, atau rahang, dan sesak napas. Gejala ini biasanya diperparah dengan kehilangan tenaga dan stres," ujar Marcus St. John, M.D, seorang ahli jantung intervensi dari Baptist Cardiac & Vascular institute.

Ia menambahkan bahwa ada beberapa gejala tipikal dari serangan jantung dan cenderung lebih sering terjadi pada wanita. Gejala yang timbul tersebut meliputi kelelahan, sakit punggung, gangguan pencernaan, dan mual.

Menurut Koalisi Nasional untuk Wanita dengan Penyakit Jantung, beberapa wanita sering keliru dalam berpikir bahwa rasa sakit pada dada bukanlah gejala serangan jantung. Kesalahpahaman inilah yang menyebabkan mereka menunda untuk memeriksakan diri.

Untuk itu, agar Anda terhindar dari kelalaian ini penting bagi Anda untuk pergi ke dokter dan melakukan tes EKG atau tes darah enzim. Nah, agar gejala serangan ini dapat tertangani dengan tepat, berikut perbedaan gejala serangan jantung yang terjadi antara pria dan wanita.

Berikut ini beberapa gejala umum yang biasa terjadi pada pria dan wanita, yaitu:

1. Ketidaknyamanan, sesak, terasa diremas di bagian tengah dada dan berlangsung selama beberapa menit.
2. Nyeri yang menyebar ke bahu, leher, punggung bagian atas, rahang, atau lengan.
3. Pusing
4. Berkeringat, jantung berdebar-debar, atau pucat.
5. Sakit perut.
6. Nafas tersengal

Sedangkan, gejala serangan jantung yang sering ditemukan pada wanita lebih spesifik lagi, seperti:

1. Sakit di lengan (terutama lengan kiri), punggung, leher, perut, dan tulang belikat.
2. Nyeri rahang.
3. Mual dan muntah.
4. Kelelahan luar biasa yang disertai dengan sesak nafas.
5. Sakit kepala ringan sampai berkeringat.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id