Ini Trik Mudah Cegah Infeksi Saluran Kemih

Kandung-Kemih.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Bagi wanita, infeksi saluran kemih (ISK) bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari komplikasi diabetes, batu ginjal, sampai terlalu lama menunda buang air.

Untungnya, satu studi baru menemukan cara mudah untuk mencegah infeksi saluran kemih: Minum lebih banyak air.

Sebelumnya, dokter memang sudah menyarankan ini pada dokter yang sering mengalami ISK. Namun sekarang ada data yang mendukungnya, ujar Thomas Hooton, MD, dari University of Miami School of Medicine.

"Senang rasanya begitu tahu rekomendasi kami itu sahih dan minum lebih banyak air adalah cara mudah dan aman untuk mencegah infeksi yang mengganggu dan menyakitkan ini," ujarnya, melansir LIPUTAN6.COM, Rabu 27 Desember 2017.

Hasil ini didapatkan setelah menguji 140 orang wanita perimenopause yang mengalami setidaknya tiga kali ISK dalam satu tahun terakhir. Mereka juga dilaporkan minum air dalam jumlah sedikit.

Kemudian, setengah wanita diminta minum 1,5 liter air setiap hari selama satu tahun. Sedangkan setengahnya tidak diminta mengubah pola minum mereka.

Pada akhir periode studi, mereka yang minum lebih banyak air, infeksinya menurun sampai 48 persen.


Karena memiliki uretra yang lebih pendek, wanita memiliki kemungkinan lebih besar terkena ISK dibanding pria. Ini karena, bakteri jadi lebih mudah masuk ke kandung kemih dari area kemaluan.

Minum lebih banyak air memungkinkan bakteri ini lebih sering tersiram keluar, dan tidak menempel di dinding saluran kencing sehingga Anda bisa terhindar dari infeksi saluran kemih, ujar Hooton.

Belum lagi, minum lebih banyak air juga memiliki banyak manfaat lain, tambah Heather Bartlett, MD, dokter keluarga di Columbus, Ohio.

"Hidrasi bisa memberi keuntungan pada setiap sel dalam tubuh," ujarnya. "Pada dasarnya, tubuh Anda menyukai fakta Anda minum lebih banyak air."

Dia mengatakan, minum lebih banyak air bisa membantu mengatasi kulit kering, konstipasi, masalah pencernaan, dan bahkan keletihan dan keinginan makan makanan manis.

"Jika Anda ingin membuat resolusi yang berguna di tahun 2018, belilah botol minum berukuran besar, dan minum," ujar Bartlett.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id