Pemprov Sebut Riau Aman dari Vaksin Palsu

VAKSIN.jpg
(REPUBLIKA.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyebutkan Riau aman dari peredaran vaksin palsu. Hal ini dipastikan karena pemerintah belum menemukan peredaran vaksin tersebut.

 

“Sejauh ini, Riau aman dari vaksin palsu. Kami juga belum menemukan peredarannya, seperti di apotek, rumah sakit dan tempat penjuaan obat dan tempat pengobatan lainnya. Dinas juga teah berkoordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan untuk memastikan hal itu.,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril, Rabu, 20 Juli 2016.

 

Andra menyebutkan bahwa rumah sakit di Riau juga tidak termasuk dalam daftar rumah sakit yang dinyatakan menggunakan vaksin palsu oleh Menteri Kesehatan. Dalam mencegah penggunaan vaksin palsu, pemerintah akan melakukan pengawasan khusus terhadap sumber vaksin-vaksin itu sendiri.

BACA JUGA: Polisi Belum Terima Laporan Masalah Vaksin Palsu di Pekanbaru

 

Sementara itu, Polda Riau tengah menyasar rumah sakit dan apotek untuk menyelediki dan memberantas peredaran vaksin palsu.

 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Rivai Sinambela mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

 

"Polda Riau akan berkoordinasi dengan BPOM untuk menyelidiki dan memberantas peredaran vaksin palsu," katanya.

 

Tidak menutupkemungkinan pihaknya akan melanjutkan kasus ini ke ranah pidana dengan menahan distributor obat tersebut sesuai dengan Undang-undang nomor 23/1992 tentang Kesehatan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline