Aktual, Independen dan Terpercaya


Begini Cara Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau-Mulut.jpg
INTERNET
ILUSTRASI

 

RIAU ONLINE - Saat berpuasa, banyak yang mengeluhkan masalah bau mulut. Sebab itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan rongga mulut selama berpuasa.

 

drg. Callista Argentina, Anggota Redaksi Medis KlikDokter.com mengatakan semakin tebal lapisan lidah, maka napas pun akan menjadi semakin bau.

 

"Lapisan lidah yang tebal merupakan pertanda adanya penumpukan bakteri pada lidah, sehingga mulut akan terasa tidak enak," ujar Callista.

 

Lalu, bagaimana cara mencegah terjadi bau mulut selama berpuasa? Berikut tipsnya:

 

1. Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Agar lebih efektif, anda dapat menggunakan obat kumur. Namun, hindari obat kumur beralkohol karena dapat membuat mulut terasa kering.

 

2. Angkatlah lapisan putih yang melapisi lidah menggunakan alat pembersih lidah yang dapat diperoleh di apotik atau toko obat. Lapisan putih tersebut biasanya menjadi penyebab bau mulut.

 

3. Jika saat sahur anda mengkonsumsi lauk ikan atau susu, segeralah untuk menyikat gigi. Pasalnya, protein pada ikan dan susu saat pecah di dalam mulut dapat menyebabkan bau mulut.

 

4. Minumlah air putih sebanyak 1,5 liter per hari, sebab mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Kemudian, makanlah buah-buahan di malam hari atau saat sahur.

 

5. Jika Anda memakai gigi palsu, sebelu tidur gunakan larutan antiseptik untuk membersihka gigi palsu. Hal ini dapat mengurangi risiko bau mulut.

 

Selamat berpuasa!

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline