Waspadalah, Olahraga Berlebihan Bisa Bikin Mandul

peregangan-olahraga.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Tampil langsing, sehat dan bugar barang kali bisa didapat dengan cara rajin berolahraga. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan sudah barang tentu akan memilih olahraga sebagai pilihan tepat.

 

Namun tahukan anda, bila olahraga dilakukan berlebihan justru akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti cedera dan tulang menjadi lemah sehingga mudah rapuh.

 

Tak hanya itu, sebuah studi terkini juga menyebutkan bahwa olahraga berlebihan ternyata dapat mengganggu kesuburan. Anda tentu terkejut dengan temuan ini, tapi itulah fakta yang didapat oleh para peneliti.

 


Lantas, mengapa olahraga yang dilakukan berlebihan bisa mengganggu kesuburan? Pertama, para peneliti menemukan bahwa di dalam tubuh perempuan yang berolahraga keras setiap hari memiliki kandungan tingkat hormon stres (kortisol) yang tinggi dan sebaliknya, tingkat hormon tiroid menurun. (KLIK: 10 Makanan Ini Sehatkan Jantung)

 

Faktor hormonal ini, kata peneliti, akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatasi stres yang pada gilirannya akan memberikan pengaruh negatif terhadap keseimbangan hormon yang berdampak buruk pada kesuburan.

 

Kedua, terlalu keras berolahraga akan menurunkan lemak dalam tubuh. Padahal lemak dibutuhkan untuk menjaga tingkat kesuburan. Ini artinya, bila tubuh kekurangan lemak, maka kesuburan pun akan menurun.

 

Jadi, bila selama ini Anda berlebihan dalam berolahraga, mulai sekarang atur kembali frekuensinya agar mendapatkan manfaat dan terhindar dari risiko tersebut. (Suara.com)