Ingin Kulit Cerah? Ikuti 7 Cara Mudah Ini

Kulit-putih.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Setiap orang, terutama wanita pasti menginginkan kulit yang cerah. Untuk mendapatkannya banyak cara yang dilakukan. Namun, apakah cara tersebut sudah benar?

 

dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK Anggota Redaksi Medis Dokter Spesialis Kulit & Kelamin KlikDokter.com menjelaskan beberapa cara aman dan mudah untuk mendapatkan kulit yang cerah.

 

1. Pastikan kulit wajah bersih

 

Tahukah Anda? Riasaan yang digunakan setiap hari dapat meningkatkan kadar radikal bebas yang terangkap di permukaan kulit. Bahkan, sel kulit mati, debu, kotoran dan bakteri dapat menumpuk di permukaan kulit. Sebaiknya, cucuilah wajah secara teratur jika sudah merasa kotor atau lengket.

BACA JUGA: Ingin Memutihkan Kulit? Yuk Ikuti Langkah Alami Ini

 

2. Pilih perawatan kulit yang sesuai kondisi kulit

 

Kulit akan terhidrasi, lebih kenyal dan lebih cerah jika mendapatkan perawatan dengan baik. Produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

 

Jika penggunaan produk perawatan over-the counter belum bias membuat kulit cerah, sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan produk yang sesuai kondisi kulit dan mungkin dapat menjadi pilihan.

 


3. Gunakan tabir surya secara rutin

 

Agar kulit tidak menjadi gelap dan lebih menua akibat sinar matahari, gunakan tabir surya secara teratur untuk memberikan perlindungan dari efek tidak baik sinar matahari. Diharapkan kulit akan tampak lebih muda dan lebih cerah dengan penggunaan tabir surya secara rutin.

KLIK JUGA: Kulit Anda Sawo Matang? Ini Keuntungannya

 

5. Lakukan eksfoliasi secara rutin

 

Kulit akan tampak cerah jika kulit cukup halus untuk merefleksikan cahaya. Saat berusia di bawah 20 tahunm pergantian kulit akan terjadi secara teratur setiap sekitar 28 hari. Namun dengan pertambahan usia, pergantian kulit akan semakin melambat.

 

Perlambatan pergantian kulit tersebut akan menyebabkan menumpuknya sel kulit mati yang akan mengganggu refleksi cahaya dan membuat kulit terlihat kusam. Karena itu, melakukan eksfoliasi dengan baik secara teratur akan mempu menghasilkan permukaan kulit yang lebih halus dan terlihat lebih cerah.

 

6. Tambahkan vitamin dan antioksidan dalam keseharian

 

Vitamin C dipercaya dapat mencerahkan kulit. Jika vitamin dikombinasikan dengan vitamin E, maka kulit akan terlindungi dari efek tidak baik sinar matahari.

 

Vitamin bekerja secara sinergi dengan antioksidan dalam membuat kulit lebih cerah dan sehat. Keduanya dapat diperoleh dari berbagai makanan sehat yang dikonsumsi, jika khawatir kecukupannya belum terpenuhi, penambahan suplemen kesehatan yang mengandung vitamin dan antioksidan dapat membantu.

LIHAT JUGA: Ingin Kulit Tetap Sehat Hingga Tua? Begini Caranya

 

7. Terapkan pola hidup sehat

 

Usahakan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari dan konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air seperti semangka, tomat atau mentimun. Jika kandungan air tecukupi maka kulit akan terlihat bersih dan tampak lebih cerah.

 

Selain itu, tidur yang cukup akan memberikan pengaruhi yang baik untuk tampilan Anda, mengingat pergantian dan proses perbaikan kulit terjadi terutama saat tidur.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline