Ingin Sulam Alis? Sebelumnya, Perhatikan Hal-Hal Berikut

Sulam-alis.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Sulam alis, saat ini menjadi tren kecantingan yang tengah digandrungi kaum hawa. Selain menghemat waktu, wanita tidak kerepotan lagi karena harus membentuk alis setiap pagi. Namun, sejauh mana sulam alis aman untuk diaplikasikan?

 

Proses pembentukan sulam alis dilakukan dengan menambahkan zat pigmen warna pada kulit area alis yang kosong dengan cara membentuk guratan sesuai alur rambut alis untuk menciptakan gambaran alis yang lebih natural. Lain halnya dengan tato yang cenderung permanen, sulam alis bersifat semi permanen dan biasanya hanya bertahan sekitar dua tahun.

 

Ada beberapa efek negatif yang mungkin akan muncul dari proses sulam alis, yakni rasa nyeri akibat tusukan jarum, bengkak dan kemerahan yang timbul setalh tindakan, risiko infeksi karena adanya luka pada kulit, reaksi alergi terhadap zat warna, munculnya jaringan perut dan hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

 

Seperti dijelaskan oleh dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK Anggota Redaksi Medis Dokter Spesialis Kulit & Kelamin
KlikDokter.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan tindakan sulam alis dan memaksimalkan hasilnya, antara lain:

 

1. Pastikan sterilitas alat (jarum) yang digunakan

 


Penting untuk mengetahui steril atau tidaknya alat yang digunakan untuk menghindari terjadinya transmisi agen infeksius seperti bakteri, virus dan lainnya. Hal ini dilakukan mengingat adanya alat atau benda asing yang akan masuk ke dalam tubuh. Ada baiknya untuk memastikan sendiri dengan saat kemasan jarum dibuka.

 

2. Berikan informasi medis secara lengkap

 

Sebelum melakukan tindakan sulam alis, si 'pembuat' alis idealnya akan mengajukan beberpa pertanyaan untuk memastikan tidak ada efek samping. Ada peradangan pada area yang akan disulam, riwayat alergi terhadap zat tertentu, atau riwayat pernah adanya jaringan parut pascaluka. Dengan Anda menyampaikan hal tersebut, dapat menjadi bahan pertimbangan apakah seseorang kandidat yang baik atau tidak untuk melanjutkan tindakan.

 

3. Pilih praktisi yang berpengalaman dan membuat nyaman

 

Keberhasilan tindakan bergantung pada keahlian dari praktisinya. Sebelumnya memilih tempat untuk melakukan sulam alis, sebaiknya carilah informasu sebanyaknya-banyaknya terlebih dahulu. Bangun komunikasi yang baik dari praktisi yang sudah dipilih agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan dengan efek samping yang minimal.

 

4. Persiapkan kondisi tubuh agar tetap prima

 

Jaga agar tubuh tetap dalam keadaan prima. Istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi untuk membantu penyembuhan luka lebih baik sehingga meminimalkan efek samping dari tindakan sulam alis.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline