Ingin Memutihkan Kulit? Yuk Ikuti Langkah Alami Ini

Kulit-putih.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Setiap wanita pasti mendambakan kulit putih. Namun, tahukah Anda warna kulit seseorang ditentukan oleh jumlah melanin yang terkandung dalam kulit.

 

Melanin merupakan pigmen yang diproduksi oleh sel melanosit. Pemilik kulit gelap memiliki seposit melanin lebih banyak. Sealin itu, melanin juga berperan untuk melindungi DNA sel dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.

 

Perubahan warna kulit secara tidak alami malah akan membuat warna kulit alami kembali muncul. Seperti, dengan cara menggunakan produl pemutih kulit. Produk pemutih kulit umumnya mengandung bahan aktif dan kombinasi dari beberapa bahan aktif yang berfungsi untuk mengurangi jumlah melanin pada kulit.

 

Bahan yang paling banyak digunakan untuk memutihkan kulit adalah hydroquinone dengan batas aman 2 persen. Selain itu, bahan lainnya adalah retinoic acid yang merupakan bentuk turunan vitamin A, kojic acid yang berasal dari jenis jamur, arbutin yang berasal dari tanam-tanaman dan steroid.

 

Namun, beberapa kosmetik juga tidak jarak menggunakan bahan aktif yang berbahaya, seperti mercuri. Merkuri merupakan zat toksik yang dapat memicu masalah pada ginjal, saraf, dan kejiwaan seseorang. Jadi, sebaiknya dihindari.

 

Lalu, bagaimana cara memutihkan kulit denan cara alami dan aman? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari KlikDokter.com

 


Sebaiknya ketahui tingkat keamanan dari produk pemutih kulit, untuk itu perlu dipahami beberapa hal berikut:

BACA JUGA: Ingin Kulit Tetap Sehat Hingga Tua? Begini Caranya 

 

1. Jangka waktu pengguanaan

 

Penggunaan dengan jangka waktu yang lama akan berisiko pada kanker kulit karena paparan sinar matahari. Selain itu, juga dapat mempercepat penuaan dini akibat kurang proteksi alami kulit.

 


2. Reaksi alergi dan iritasi

 

Bahan aktif yang ada dalam produk pemutih kulit dapat memicu iritasi dan alergi pada individu yang sensitif.

 

3. Efek samping

 

Hydroquinone memeberikan efek samping pada perubahan warna kulit yang tidak diinginkan dan sulit untuk diobati (ochronosis eksogen).

KLIK JUGA: Wajah Anda Ada Flek Hitam? Coba Cara Ini Tanpa Krim Wajah

 

Pemutihan kulit dengan cara mengganggu aktivitas melanin dalam tubuh tidak disarankan oleh dunia medis. Sebelum menggunakan produk tertentu untuk memutihkan kulit, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan penanganan yang optimal. Pastikan juga bahwa produk tersebut tidak mengandung merkuri.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline