Segelas Kopi di Gerai Modern, Gulanya Setara 25 Sendok Teh

Kopi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Tak mau mengonsumsi gula berlebihan, sebaiknya Anda hindari minum kopi atau cokelat di gerai kopi modern. Karena, dalam setiap cangkir kopi di gerai seperti Starbucks dan Costa, kandungan gulanya bisa setara 25 sendok teh.

 


Jumlah tersebut tiga kali lebih banyak dibanding asupan gula harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Berdasarkan laporan Action on Sugar, kelompok penelitian dari Inggris, hampir 98 persen dari 131 minuman panas di gerai modern mengandung gula yang sangat tinggi dan masuk dalam kategori "merah" jika minuman itu harus diberi label.

 


Dalam satu gelas ukuran besar chai latte dari Costa terkandung 20 sendok teh gula, sementara minuman cokelat panas super besar dari Starbucks mengandung 15 sendok teh. Lebih banyak dua kali lipat dari rekomendasi gula harian.

 



Lebih dari sepertiga minuman yang diuji mengandung gula dalam jumlah yang sama atau lebih tinggi dari kandungan gula dalam sekaleng softdrink.

 

Gerai-gerai kopi modern saat ini memang menawarkan varian minuman cokelat atau teh untuk menarik konsumen yang bukan peminum kopi. Dalam minuman itu juga ditambahkan sirup tinggi gula untuk menambahkan rasa.

 

Action on Sugar juga telah meminta agar gerai kopi modern membatasi penggunaan gula. Mereka bahkan menyebut penggunaan gula yang berlebihan itu sebagai skandal.

 

"Jumlah gula dan kalori dalam minuman itu tak masuk akal, terkadang makanannya juga mengandung gula tinggi dan lemak. Tak mengherankan jika angka obesitas sangat tinggi di Eropa," kata Kawther Hashem, ahli nutrisi dan peneliti dari Action on Sugar.

 

Pihak Starbucks seperti dikutip The Guardian menyatakan komitmennya untuk mengurangi gula tambahan dalam minumannya sampai 25 persen di tahun 2020. Selain itu informasi nutrisi tiap minuman akan tersedia di gerai dan websitenya.