12 Cara Lenyapkan Kantong Mata Anda

kantung-mata-wanita.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Selain jerawat dan masalah kulit lainnya, sepasang kantong mata menggelayut di bawah mata juga menjadi faktor dapat mengganggu penampilan.

 

Tak perlu khawatir, dr Karin Wiradarma, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com menjelaskan, beberapa cara melenyapkan kantong mata yang membuat Anda terlihat lelah dan lebih tua tersebut.

 

(Baca Juga: Bocah 5 Tahun Ini Wajahnya Ditutupi Bintik-bintik Hitam

 

1. Kurangi Garam

Mengkonsumsi garam dalam jumlah terlalu banyak akan menarik cairan ke dalam tubuh. Makan malam dengan makanan mengandung banyak garam bisa memicu pembesaran kantong mata pada pagi harinya.

 

2. Pijatan

Penyebab terjadinya kantong mata karena adanya aliran saluran limfe yang kurang lancar. Mengatasinya, lakukan pijatan ringan menggunakan jari manis dimulai dari arah hidung ke luar.

 

3. Obati Alergi

Kantong mata serta bengkak pada mata juga bisa disebabkan oleh alergi yang kambuh. Untuk mengobati Alergi tersebut Ada baiknya untuk segera meminum obat antihistamin yang tentunya berdasarkan resep dari dokter. Selain itu, kenali dan hindari pencetus alergi agar tidak menimbulkan kantong mata.

 

4. Posisi Tidur

Ambillah posisi tidur telentang. Tidur dengan posisi miring atau telungkup dapt membuat cairan tertarik gravitasi dan mengumpul di bawah mata. Jika sudah merasa nyaman Anda bisa meninggikan posisi kepala dengan menambah bantal.


 

5. Bersihkan Riasan

Sebelum tidur, ada baiknya untuk selalu membersihkan riasan pada mata. Jika tidak dibersihkan dengan baik maka akan berpotensi membuat mata berair dan sembab pada keesokan harinya.

 

6. Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol tidak hanya berdampak negatif bagi kesehatan namun juga penampilan.

 

7. Sinar Ultraviolet

Kantong mata bisa jadi akibat dari proses penuaan akibat sinar ultraviolet. Sebelum keluar rumah jangan lupa untuk selalu mengoleskan krim tabir surya pada wajah, terutama si area mata. Selain itu, untuk melindungi area mata dari sinar matahari gunakanlah kacamata hitam serta topi.

 

8. Merokok

Pada umumnya merokok dapat mengganggu kesehatan. Namun, tahukah Anda merokok juga dapat memicu penuaan dini dan pembentukan kantong mata. Untuk itu segeralah menghentikan kebiasaan merokok agar dapat mengurangi bahkan menghilangkan kantong mata.

 

9. Kompres Dingin

Untuk meminimalkan pembengkakan pada mata, terutama jika disebabkan karena terlalu lama menangis dapat dilakukan kompres dingin.

 

10. Krim Mata

Mencegah dan meminimalkan kantong mata dapat menggunakan perawatan pada wajah berupa krim mata antipenuaan.

 

11. Riasan

Untuk menutupi kantong mata yang berwarna biru-hitam pada bawah mata Anda dapat menggunakan concealer berwarna oranye.

 

12. Bedah Plastik

Bedah plastik memang merupakan cara paling ampuh dan permanen menghilangkan kantong mata. Prosedur operasi kantong mata dinamakan blepharoplasty bagian bawah.

 

Jika tidak ingin terlalu beresiko, Anda dapat memilih melakukan terapi filler asam hialuronat untuk mengisi kantong mata hingg terliaht menghilang.

 

"Ada pula teknik yang baru digunakan akhir-akhir ini, yaitu filler dengan menggunakan sel lemak yang diperoleh dari pasien sendiri." ujar Karina.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline