Suka Makanan Asin? Waspadai Efek Negatifnya

RIAU ONLINE - Setiap rasa masakan sudah memiliki penggemar sendiri-sendiri. Selain rasa manis, ada pula orang yang doyan mengonsumsi makanan asin. Alasannya, rasa asin lebih terasa gurih di dalam mulut.

 

Namun, tahukah kamu bahwa makanan asin dan tinggi garam mampu membahayakan kesehatan tubuh kamu? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah efek buruk dari terlalu banyak garam dalam tubuh kamu. (BACA: Bawang Putih Mampu Cegah Penyakit Kronis)

 

Penyebab kanker perut
Garam sangat tinggi akan kandungan nitrat di dalamnya. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam akan mengiritasi lapisan lambung kamu sehingga tak hanya sakit maag saja yang bisa mengenai kamu, namun juga penyakit kanker perut


 

Merusak ginjal
Garam sangat mempengaruhi kerja ginjal kamu. Pertama, garam akan membuat ginjal bekerja begitu keras untuk menyaringnya. Sedangkan yang kedua, retensi air karena garam akan melemahkan pembuluh darah di ginjal kamu sehingga efek jangka dari kebiasaan ini akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

 

Menurunkan kinerja otak
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa banyak garam dalam tubuh akan mempengaruhi kerja otak dan kemampuan kognitif kamu. Sehingga secara perlahan akan menyebabkan demensia.

 

Memperburuk gula darah
Jika kamu penderita diabetes, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam. Sebab kelebihan garam dalam tubuh pun akan mempengaruhi kadar gula darah kamu secara drastis.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline