Otak Manusia Mampu Simpan 1 Juta Gigabyte

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Bagi smartphone, memori internal dengan kapasitas besar menjadi dambaan, misalnya 32GB, 64GB, atau 128GB. Tapi tahu kah Anda bila otak manusia mempunyai kemampuan menyimpan data jauh lebih besar?

 

Berdasarkan penelitian Terry Sejnowski, Profesor dari Institut Salk, Amerika, terungkap bila total otak manusia mampu menyimpan data hingga kapasitas 1 juta Gigabyte! Angka ini 10 kali lipat lebih besar dari hasil penelitian sebelumnya.

 

Menurut Sejnowski, satu sinapsis (penghubung antara sel saraf) pada otak mampu menyimpan 4,7 bits data, sementara otak manusia biasanya mempunyai 1000 triliun sinapsis. Alhasil, Sejnowski mengkalkulasikan kapasitas otak sebanyak 1 petabyte atau 1 juta byte. (Baca Juga: Website Ini Online 25 Tahun Lalu, Pertama di Dunia)


 

Sebagai perbandingan, data dari berbagai dunia yang diproses oleh Google setiap harinya mencapai 20 petabyte. Ilmuwan sendiri memperkirakan seluruh karya tulisan umat manusia dari awal sejarah sampai saat ini, dari semua bahasa, bila dikumpulkan setara dengan 50 petabyte.

 

"Ini adalah data yang sangat mengejutkan di dunia neurosains," ujar Sejnowski seperti dilansir merdeka.com.

 

Lebih lanjut, penelitian Sejnowski yang meliputi kerja otak secara detail itu juga membuka pintu bagi perusahaan teknologi untuk mengembangkan komputer supercanggih yang hemat energi, seperti halnya otak manusia.

 

"Cara kerja otak adalah kunci untuk menciptakan desain komputer yang lebih baik," tambah Sejnowski.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline