Anda Mudah Mengantuk? Waspadai Gejala Penyakit Ini

Mengantuk.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Tahukah Anda, ternyata tubuh juga membutuhkan kolesterol sebagai sumber energi maupun sumber pembentukan hormon. Namun, lain hal jika kadar kolesterol tinggi, karena dapat memicu plak pada jantung dan otak yang dapat membahayakan tubuh.

 

Untuk mewaspadainya ada baiknya untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi. Berikut gejala-gejala yang harus diwaspadai seperti yang disampaikan oleh dr. Muhammad Anwar Irzan Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com:

 

1. Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak

Rasa berat pada tengkuk dan pegal di pundak terjadi akibat suplai darah dan oksigen yang terhambat yang disebabkan adanya penumpukan plak pada pembuluh darah

 

2. Sering sakit kepala


Meningkatnya kolesterol menyebabkan terjadinya artiosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Terhambatnya aliran darah yang mengalir ke otak.

 

3. Cepat mengantuk

Kolesterol mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen menuju otak terhambat menyebabkan seseorang cepat mengantuk. Selain itu, jika anda merasakan lemah, letih dan lesu atau yang lebih dikenal dengan 3L, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

 

4. Mudah lelah
Apakah Anda merasa capek seharian? Padahal Anda bangun tidur. Kolesterol yang tinggi dapat membuat sistem vital pada. tubuh terganggu sehingga mudah lelah. Jika Anda sering mengalami gejala ini, terlebih lagi Anda sudah berusia di atas 30 tahun sebaiknya segeralah periksa kesehatan Anda secara rinci

 

5. Kesemutan
Kesemutan terjadi disebabkan adanya aliran darah yang menggumpal dan tidak lancara di bagian ektremitas, baik ektremitas atas (tangan) maupun ektremitas bawah (kaki).

 

6. Xanthelasma
Kolesterol tinggi yang sudah kronis juga menderita Xanthelasma (endapan kolesterol berbentuk noda kuning muda di tengah atau di ujung kelopak mata), xanthoma (benjolan padat pada tendon siku, tumit, atau lutut).

 

"Tentu gejala di atas hanyalah pertanda yang perlu diperiksa secara medis untuk melihat hasil akuratnya. Tetapi bagi Anda yang merasa mengalami gejala di atas maka segera ubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat," ujar dr. Muhammad Anwar Irzan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline