Seberapa Penting Tes DNA Dilakukan?

Anak-SD-Masuk-Sekolah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTI DESI ARNI)

RIAU ONLINE - Seringkali kita mendengarkan kata tes DNA, atau DNA-nya. Namun tidak paham apa maksud dari kata tersebut. DNA merupakan materi genetik yang membawa informasi dapat diturunkan.

 

Di dalam sel manusia, DNA ditemukan di dalam inti sel dan di dalam mitokondria. Tes DNA dilakukan dengan berbagai alasan seperti persoalan pribadi dan hukum antara lain: tunjangan anak, perwalian anak, adopsi, imigrasi, warisan dan masalah forensik. (Baca Juga: Begini Cara Hilangkan Bekas Jerawat dan Komedo)

 

Tes DNA, dilansir dari klikdokter.com, dilakukan dengan mengambil sampel biologis seperti buccal swab (usapan mulut pada pipi sebelah dalam), darah, rambut beserta akarnya, walaupun lebih dipilih penggunaan darah dalam tabung (sebanyak 2ml) sebagai sumber DNA.

 

Selain itu, tes DNA juga dapat dilakukan untuk tes maternitas dan paternitas. Tes paternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis dari seorang anak. 


 

Tes maternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang perempuan adalah ibu biologis dari seorang anak. Identifikasi DNA untuk tes paternitas dilakukan dengan menganalisa pola DNA menggunakan marka STR (short tandem repeat). (Klik Juga: Inilah Kebiasaan Buruk Jika Anda Suka Ngupil

 

Tes DNA 100 persen akurat bila dikerjakan dengan benar. Tes DNA ini memberikan hasil lebih dari 99.99% probabilitas paternitas bila DNA terduga ayah dan DNA anak cocok (matched).  

 

Hasil tes DNA akan selesai dalam 12 hari kerja terhitung dari tanggal diterimanya sampel. Biaya pemeriksaan akan tergantung di laboratorium mana atau di rumah sakit mana Anda melakukan tes DNA. (Lihat Juga: 4 Jenis Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

 

Biaya berkisar dari 5-10 juta per kali pemeriksaan. Apabila di rumah sakit swasta dapat lebih mahal lagi. Semoga membantu.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline