Buah Pir Dapat Mencegah Stroke

buah.jpg
(INTERNET)

RIAUONINE, JAKARTA - Di antara sederet manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh, salah satunya memenuhi kebutuhan 24 persen serat harian. "Kandungan serat makanan dalam pir tinggi dan pengaruhnya pada kesehatan usus sangat baik," kata profesor ilmu pangan dan nutrisi, Dr Joanne Slavin. Sebagaimana dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari laman Tempo.

 

Kandungan fruktosa dan sorbitol, misalnya, dalam buah yang telah lama dikenal manfaatnya oleh masyarakat Cina itu menjadikan pir memiliki rasa manis yang cocok sebagai camilan. (KLIK: Khofifah Minta Plt Gubernur Riau Buat Posko Kesehatan di Desa)

 


Dietary Guidelines USDA menyarankan orang-orang mengkonsumsi buah-buahan, salah satunya pir, sebagai bagian dari menu makanan sehat. Selain serat, buah ini juga mengandung 190 miligram kalium, bebas lemak, dan bebas kolesterol jahat.

Sejumlah studi mengulas manfaat pir bagi tubuh, di antaranya membantu melindungi tubuh dari stroke, menurunkan risiko diabetes tipe dua, serta mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular pada perempuan yang telah menopause. (BACA: Inilah Derita Anak-anak. Saat Asap Quinsha Mimisan)

 

Medical Daily melansir, pir adalah salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan oleh manusia dan telah digunakan sebagai obat tradisional di Cina selama lebih dari 2.000 tahun. Buah ini memiliki efek anti-radang dan menurunkan kadar gula darah.