Penemu Kalkulator Tutup Usia. Penyebabnya Kompilasi

Ilustrasi-anak-anak-sedang-menggunakan-kalkulator.jpg
(ISTIMEWA/INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Salah satu penemu kalkulator genggam, Jerry Merryman meninggal dunia akibat kompilasi selama pembedahan pemasangan alat pacu jantung.

Jerry meninggal di usia 86 tahun, Rabu, 27 Februari 2019 silam di rumah sakit di wilayah Dallas, Amerika Serikat.

Putri tiri Jerry, Kim Ikovic mengatakan sebelum dirinya pergi, sempat dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember 2018 setelah mengalami komplikasi dalam masa pembedahan.

"Jerry sempat dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember setelah komplikasi pembedahan," katanya seperti dikutip dari voaindonesia.com.

Jerry lahir dekat sebuah kota kecil di Hearne, Texas Tengah, 17 Juni 1932. Sebelum menginjak usia 11 tahun, telah menjadi teknisi dengan tugas memperbaiki radio.

Tidak pula menamatkan kuliah di Texas A&M University di College Station. Hasilnya, malah bekerja untuk jurusan oseanografi dan metereologi di universitas yang sama.

Kemudian pindah kerja ke anjungan minyak di Teluk Meksiko dengan jabatan mengukur kekuatan angin topan. Ia mulai bekerja di Texas Instruments tahun 1963, saat berusia 30 tahun.

Dipimpin oleh Jack Kilby, Jerry bersama dua rekannya dianggap sebagai penemu kalkulator genggam saat bekerja untuk perusahaan Texas Instruments, di Dallas.

Tulisan ini pertama terbit di voaindonesia.com dengan judul Jerry Merryman, Pria Cerdas Penemu Kalkulator, Tutup Usia