Hari ini, Penutupan Pemerintah AS Dimulai

Gedung-Putih-Amerika-Serikat.jpg
(internet)

RIAUONLINE, JAKARTA - Penutupan sementara, Pemerintah Amerika Serikat dimulai hari ini, Sabtu 22 Desember 2018. Tepat pukul 00.01 waktu setempat.

Penutupan pemerintahan ini dilakukan setelah Kongres menunda kesepakatan persetujuan terkait pengeluaran atau penolakan anggaran belanja negara untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko.

Sebelumnya, Jumat 21 Desember 2018, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa dia berharap bahwa penuntupan pemerintahan yang disebabkan oleh perselisihan pendanaan dinding tersebut tak akan berlangsung lama.

"Semoga penutupan pemerintahan ini tak akan berlangsung lama," kata Trump dalam unggahan video di akun Twitternya dikutip dari AFP.

Ini bukanlah penutupan pemerintah AS yang pertama kali terjadinya. Di bawah pemerintahan Trump, pemerintahan AS sudah pernah ditutup sebanyak tiga kali setahun.


Bahkan ini adalah pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir, pemerintahan AS ditutup tiga kali setahun.

Penutupan pemerintahan pertama terjadi pada Januari 2018 lalu. Pemerintahan AS resmi menerapkan 'government shutdown' usai para senator gagal mencapai kesepakatan terkait dengan dana operasional pemerintah.

Sedangkan penutupan pemerintahan AS yang kedua terjadi pada bulan Februari 2018 lalu. Pemerintahan Amerika Serikat lagi-lagi mesti tutup setelah seorang politikus konservatif di Senat sengaja menunda langkah Kongres menyepakati anggaran sementara.

Tulisan ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul "Penutupan Pemerintahan AS Dimulai" 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id