Aktual, Independen dan Terpercaya


2 Muslimah Terpilih Jadi Anggota Kongres AS

Ilhan-Omar-dan-Rashida-Tlaib.jpg
((Dok. Michigan House Democrats via Detroit Free Press dan Dok. AFP))

RIAUONLINE, WASHINGTON DC - Dua muslimah terpilih menjadi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dalam pemilihan umum (pemilu) sela hari Selasa 6 November 2018 waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Rabu 7 November 2018, warga Amerika Serikat (AS) telah memilih dua wanita muslim. Mereka adalah Ilhan Omar (36) dan Rashida Tlaib (42). Keduanya sama-sama mewakili Partai Demokrat.

Momen ini menjadi momen pertama kali dalam sejarah AS ketika dua wanita muslim menjadi anggota Kongres AS saat retorika anti-Muslim merajalela.

Omar yang seorang pengungsi Somalia, dipastikan memenangkan kursi House of Representatives (HOR) -- setara DPR -- untuk salah satu distrik Minnesota. Dia akan menggantikan Keith Ellison, anggota parlemen Demokrat yang juga seorang muslim.

Perlu diketahui bahwa Ellisson bersama Andre Carson -- anggota parlemen Demokrat untuk wilayah Indiana -- menjadi dua pria muslim pertama yang menjadi anggota Kongres AS.

Sedangkan Tlaib yang seorang pekerja sosial, dipastikan memenangkan kursi House atau HOR di salah satu distrik di Detroit, Michigan. Tlaib yang merupakan anak imigran Palestina ini tidak menghadapi perlawanan dari kandidat Republikan dalam pemilu sela ini.

Pada Agustus lalu, Tlaib hampir dipastikan menduduki kursi House untuk salah satu distrik Michigan setelah memenangkan pemilihan pendahuluan. Tlaib mengalahkan lima kandidat Partai Demokrat lainnya dalam pemilihan pendahuluan itu.

Kedua wanita muslim ini akan menambah jumlah total politikus muslim di House menjadi tiga orang. Anggota parlemen Andree Carson, yang seorang muslim dan keturunan Afrika-Amerika, juga dipastikan mempertahankan kursi House untuk salah satu distrik Indiana.

Terpilihnya Omar dan Tlaib dalam pemilu sela ini sungguh bertolak belakang dengan meningkatkan sentimen anti-Islam di AS. Council on American-Islamic Relations (CAIR) melaporkan peningkatan 21 persen dalam kejahatan kebencian anti-Islam dalam enam bulan pertama tahun 2018.

Tulisan ini sudah tayang di Detiknews dengan judul "Pertama Kali, 2 Wanita Muslim Resmi Terpilih Jadi Anggota Kongres AS"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id