Semalaman, RS Indonesia Dihujani Rudal Israel

Ilustrasi-serangan-udara-militer-Israel.jpg
(Said Khatib/AFP via Suara.comcom)


RIAU ONLINE - Hingga Sabtu, 27 Oktober, Israel terus mengerahkan serangan udara ke sejumlah target yang ada di Jalur Gaza. Bahkan, Rumah Sakit (RS) Indonesia yang ada di Jalur Gaza ikut jadi sasaran.

Pesawat-pesawat jet dan helikopter hilir mudik menembaki target di Gaza selama lebih dari dua bulan, termasuk wilayah yang kuasai Hamas, kata pasukan Israel melalui pernyataan pers yang dikutip berita Anadolu, melansir Suara.com, jaringan RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 28 Oktober 2018.

Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Sabtu (27/10/2018), menerangankan, Reza Aldilla Kurniawan selaku relawan MER-C melaporkan, sejak malam hingga Sabtu pagi, militer zionis Israel masih menggempur sejumlah wilayah di Jalur Gaza.

Menurut Reza, saat itu pesawat tempur F16 Israel mengirim tidak kurang dari lima roket yang jatuh tidak tidak jauh dari lokasi RS Indonesia yang berada di Bayt Lahiya, Gaza Utara, Palestina.

Rumah sakit Indonesia itu merupakan rumah sakit asing terakhir yang dibuka di Jalur Gaza setelah RS Turki-Palestina yang disponsori Turki pada 2010 lalu. Rumah sakit Indonesia di Gaza itu sebelumnya diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2016.

Dalam laporannya Reza menyebut, dentuman keras kelima roket tersebut menyebabkan guncangan keras di area sekitar. Bahkan mengakibatkan kerusakan di beberapa bagian RS Indonesia. Ruangan yang mengalami kerusakan di antaranya ruangan kantor administrasi, toilet, koridor, ICU, dan lainnya.

Saat itu, Reza yang berada di dalam bangunan Wisma Rakyat Indonesia di belakang RS Indonesia mengatakan guncangan terasa besar sekali.


“Guncangan besar sekali, debu-debu jatuh dari atap. Saya langsung keluar dari wisma dan melihat kondisi Rumah Sakit Indonesia mengalami kerusakan di beberapa bagian,” ungkapnya.

Akibat pengeboman yang terjadi di dekat RS Indonesia, pasien-pasien dipindahkan dan ditempatkan di lorong-lorong yang aman untuk menjaga keselamatan mereka.

Sampai rilis ini dibuat, kata Reza, suara deru pesawat tempur masih terdengar jelas mengitari langit Gaza.

Berita ini sudah tayang di Suara.com, dengan judul Kesaksian Relawan, Semalaman RS Indonesia Dihujani Rudal Israel

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id