Australia Siap Salurkan Bantuan untuk Gempa dan Tsunami Sulteng

Gempa-Kota-Palu2.jpg
(CNN Indonesia/DRONE PILOT TEZAR KODONGAN/via REUTERS)


RIAU ONLINE - Bantuan untuk bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalir dari berbagai negara, termasuk Australia. Australia akan menyediakan paket bantuan kemanusian senilai $ 5 juta untuk mendukung Pemerintah Indonesia dan mitra-mitra kemanusiaan dalam menanggapi musibah tersebut.

Menteri Pertahanan Pemerintah Australia, Christopher Pyne mengatakan hal ini menyusul pengumuman bantuan awal Perdana Menteri sebesar $ 500.000 kepada Palang Merah Indonesia untuk makanan dan peralatan bantuan penting seperti selimut dan terpal.

Dana tambahan kepada PBB dan mitra kemanusiaan lokal ini akan menyediakan tempat penampungan sementara, akses ke air minum bersih dan layanan kesehatan bagi mereka yang terluka dan terlantar.

Baca Juga: Ucapkan Belasungkawa, Trump Kirim Tim SAR Hingga Militer ke Indonesia

"Australia berencana untuk mengirimkan tim medis dan saat ini bekerja dengan Pemerintah Indonesia untuk menentukan di mana mereka akan ditempatkan untuk mendukung upaya-upaya bantuan," kata Christopher Pyne melalui keterangan tertulis yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 3 Oktober 2018.

Christopher Pyne menuturkan Australia juga berada dalam posisi untuk menyediakan pasokan bantuan darurat kemanusiaan termasuk perlengkapan tempat tinggal, air, dan peralatan kebersihan.

Bahkan, lanjutnya, Australia telah menawarkan aset Angkatan Pertahanan Australia untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam upaya tanggap bencana mereka.


Klik Juga: 10 Negara, Termasuk China dan AS Antre Mau Bantu Gempa Palu

Sementara, area yang terpencil dan hilangnya infrastruktur komunikasi masih membuat pihak berwajib Indonesia kesulitan menilai dampak bencana secara keseluruhan saat ini.

"Pemerintah Australia berdiri bersama dengan Pemerintah Indonesia dalam memberikan bantuan bagi masyarakat Indonesia yang terkena dampak musibah ini," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id