Kronologi Penyelamatan Heroik 13 Anggota Tim Sepak Bola Thailand dari Gua

Proses-Evakuasi-Tim-sepakbola-thailand.jpg
(Brilio.net)

 

RIAU ONLINE - Proses evakuasi anggota tim sepak bola remaja Thailand dinyatakan selesai pada Selasa, 10 Juli 2018 pada pukul 16.09 waktu Thailand. Ke-13 orang anggota tim sepak bola tersebut berhasil dikeluarkan dari Gua Thang Luam, Thailand dalam keadaan selamat.

Evakuasi yang melibatkan gabungan tim penyelamat hingga penyelam dari berbagai negara itu berlangsung dramatis. Banyak yang tidak menyangka belasan anggota tim tersebut masih bertahan hidup selama 9 hari berada di gua. Mereka mulai ditemukan oleh seorang penyelam yang tak sengaja melewati gua tersebut dan melihat sekumpulan sepeda dan sepatu bola yang tertinggal di mulut gua.

Awalnya proses evakuasi akan dilakukan dengan mengebor bagian atas gua agar tidak melewati jalur air yang sangat berisiko dan berbahaya, tapi akhirnya dibatalkan. Pada 30 Juni 2018, Tim Thai Navy Seal memutuskan akan mengerahkan seluruh tim penyelam dari berbagai belahan dunia untuk mengambil solusi dengan menyelam secara bergantian sepanjang 4 km dengan bantuan tabung oksigen yang juga banyak disediakan.


Sayangnya, proses evakuasi ini memakan korban satu nyawa penyelam mantan anggota Thai Navy Seal. Veteran itu diduga kehabisan stok oksigen saat dalam perjalanan kembali ke mulut gua dari lokasi korban terjebak.

Proses evakuasi ini pun terus berjalan hingga hari ini mereka berhasil dinyatakan selamat dan keluar dari gua tanpa kekurangan satu apapun. Laman Facebook Official, Thai Navy Seal, Selasa, 10 Juli kemarin menyatakan bahwa setiap tahap evakuasi ke-12 remaja tersebut berlangsung cukup rumit dan berbahaya. Berikut kronologi penyelamatan heroik 13 anggota tim sepak bola remaja Thailand, seperti melansir brilio.net, Kamis, 12 Juli 2018.

Pada Minggu, 8 Juli lalu, pukul 19.35 malam waktu setempat Facebook Official Thai Navy Seal memberikan keterangan bahwa tiga anak berhasil dikeluarkan. Selang beberapa jam kemudian, tepatnya pukul 19.47 korban keempat berhasil dikeluarkan. Setelah 4 orang berhasil dievakuasi, proses dilanjutkan keesokan harinya.

Keesokan harinya, Senin, 9 Juli, empat orang korban lagi berhasil dievakuasi. Artinya, 8 orang sudah dikeluarkan dari gua tersebut. Selasa, 10 Juli Thai Navy Seal mengumumkan bahwa korban ke-9 sudah dievakuasi pada pukul 16.06 waktu setempat.

Hari itu, tim penyelamat bertekad untuk mengevakuasi seluruh korban. Dan akhirnya, Thai Navy Seal mengumumkan bahwa seluruh anggota tim sepak bola yang terjebak di Gua Tham berhasil dikeluarkan hingga pukul 18.47 waktu setempat.