Aktual, Independen dan Terpercaya


Mengidap hyperthyroid, Jet Li: Saya bukan Wong Fei-hung

JetLI.jpg

RIAUONLINE - Bagi anda penggemar film kungfu tentunya sudah tidak asing lagi dengan bintang satu ini, Jet Li. Aktor asal Cina itu dikenal piawai mempertontonkan adegan bela diri serta memiliki wajah yang tampan.

Namun Jet Li kini datang dengan kabar yang tidak mengenakkan, kini rupanya ia sedang menderita penyakit hyperthyroid dan mengalami masalah tulang belakang.

Sebuah foto terbaru yang menunjukkan Jet Li sedang berziarah ke salah satu biara di kuil di Tibet menyebar luas di media sosial. Dalam foto itu rambutnya mulai kelabu dan ia terlihat sangat rapuh - bahkan butuh bantuan untuk berjalan.

Tahun lalu aktor yang lahir 55 tahun silam di Beijing itu sudah mengakui bahwa ia menderita penyakit parah, demikian diwartakan South China Morning Post, Sabtu (19/5/2018). Sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Ia mengatakan bahwa sejak 2010 silam sudah didiagnosis menderita hyperthyroid. Meski sudah mengonsumsi obat-obatan, penyakit itu terus saja mendera fisiknya.

Hyperthyroid, kondisi ketika level hormon thyroid di tubuh terlalu berlebihan, bisa mengubah metabolisme dan detak jantung penderitanya.

Jet Li sendiri mengaku bahwa selain mengonsumsi obat, ia kini banyak bermeditasi dan terlibat dalam ritual keagamaan untuk menjaga kesehatan.

Ia mengaku pada 2013 lalu dokter pernah memperingatkannya untuk tak lagi berolahraga atau bekerja terlalu keras. Jika terus memaksakan diri, ia terancam lumpuh.

"Saya hanya manusia biasa. Saya sama seperti kalian. Saya bukan Wong Fei-hung. Saya bukan Huo Yuanjia," kata dia pada 2017 lalu, sembari menyebut beberapa jagoan kungfu yang pernah diperankannya dalam film.

Tak hanya hyperthyroid, ia juga mengaku mengalami masalah tulang belakang. Kondisi ini membuatnya tak bisa berdiri tegak terlalu lama. Masalah ini disebabkan oleh cedera dan aksi-aksi nekat yang diperagakannya dalam film selama beberapa dekade terakhir.

Jet Li mulai bermain film di akhir era 1970an, setelah berhasil keluar sebagai juara wushu nasional. Ia menderita cedera pertama pada usia 18 tahun, ketika lututnya robek dan butuh hampir 8 jam operasi untuk memulihkannya.

Ia juga pernah mengalami cedera punggung parah di usia 23 tahun.

Adapun fotonya di Tibet memantik simpati dari para netizen.

"Dia tadinya sangat aktif, tetapi kini dia terlihat sangat tua," kata seorang pengguna internet di Cina.

"Saya bahkan tak lagi bisa mengenalinya," imbuh netizen lainnya.