Aktual, Independen dan Terpercaya


Valentino Rossi Beberkan Kebrutalan Marquez Sepanjang MotoGP 2018

Rossi-jatuh-disenggol-Marquez.jpg
(OKEZONE.COM/Getty Images)

RIAU ONLINE - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, membeberkan kebrutalan rider andalan Repdol Honda, Marc Marquez di sepanjang MotoGP 2018.

Menurut pembalap yang dijuluki The Doctor itu kebrutalan Marquez dapat membahayakan rider lain jika terus-menerus dibiarkan. Sebab itu, Rossi mendorong Race Director Mike Webb untuk membuat peraturan demi menyelamatkan nyawa pembalap lain di MotoGP.

Marquez memang terkenal sebagai pembalap bertalenta. Start dari posisi berapa pun, pembalap berusia 25 tahun itu memiliki peluang untuk memenangkan race. Tapi tak jarang, The Baby Alien itu melakukan overtake berbahaya demi melewati pembalap lain.

Di seri perdana MotoGP 2018 saja Marquez sudah bersenggolan dengan dengan rider andalan Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco di Sirkuit Losai Qatar. Marquez menabrak kuda besi dari Zarco saat mencoba membalap dari sisi luar. Beruntung dalam benturan agak keras itu tak ada yang terjatuh.

Selanjutnya pada seri kedua MotoGP 2018 di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Setelah dihukum penalti ride through karena tetap ngotot start dari grid (saat itu Marquez diimbau start dari pit lane karena sang kuda besi mengalami kemogokan), Marquez tampil trengginas.

Tapi, Marquez tetap ngotot membalap rider-rider lain, padahal sudah merosot ke posisi 19 setelah dihukum penalti. Hasilnya, Marquez beberapa kali meraih catatan waktu tercepat. Namun, Marquez beberapa kali melakukan overtake lewat cara yang tidak halus dalam usahanya melewati pembalap lain.

Pada lap ke-12, Marquez sempat menyenggol Aleix Espargaro (Aprilia). Untung saja, kakak dari Pol Espargaro itu tidak terjatuh. Tapi puncaknya terjadi pada lap ke-20. Marquez mencoba melewati Rossi dari dalam pada tikungan ke-13 di lap 20. Akan tetapi karena terlalu memaksakan, senggolan pun terjadi dan Rossi menjadi korbannya alias terjatuh.

Padahal saat itu, Rossi sudah menempati posisi keenam tapi harus rela turun ke tangga 10. Sementara, Marquez finis di posisi kelima, meski akhirnya di tangga ke-18 karena dihukum penalti 30 detik.

“Mereka (Race Direction) harus melakukan sesuatu agar Marquez tidak kembali berperilaku seperti ini. Tahun ini di Qatar, Marquez menyentuh kaki Zarco dan juga Andrea Dovizioso (Ducati). Sementara di sini (Argentina), ia juga sempat menyenggol Vinales di sesi latihan dan juga saya pada hari ini,” kata Rossi mengutip OKEZONE.com, Senin, 9 April 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id