Delegasi Donald Trump Dilempari Telur Busuk di Palestina

Trump-Presiden-AS-terpilih.jpg
(AP)

RIAU ONLINE - Kunjungan delegasi Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke Tepi Barat, Palestina disambut dengan telur busuk oleh warga Palestina, Kamis, 22 Februari 2018. Wilayah tersebut merupakan kasawan yang dicaplok Israel.

Dalam peristiwa itu, Anggota Dewan Kota New York yang ikut dalam rombongan juga tak luput dari lemparan telur.

Aksi lempar telur busuk tersebut merupakan bentuk protes warga Palestina terkait deklarasi Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember 2017.

Peristiwa itu berawal saat delegasi AS yang terdiri dari anggota legislatif serta kelompok masyarakat sipil itu hendak bertamu lembaga pemungutan suara Kota Ramallah.

Namun, dilaporkan Arabnews, seperti dilansir dari Suara.com, Sabtu, 24 Februari, saat mereka hendak menaiki bus untuk ke kota itu, warga Tepi Barat mendatangi mereka dan melempari telur buruk.

Lantas, rombongan langsung dievakuasi masuk bus dan langsung melaju kencang. Namun, sejumlah demonstrasi demonstrasi tetap mengejar bus itu sembari melempar telur.

Para demonstran juga meneriakkan yel-yel dan membawa poster bertuliskan “AS adalah bagian dari masalah, bukan solusinya.”


Peristiwa tersebut mendapat kecaman dar Departemen Luar Negeri AS.

"Amerika Serikat benar-benar menentang penggunaan kekerasan atau intimidasi untuk mengekspresikan pandangan politik," begitu pernyataan resmi departemen tersebut.

"Jenis tindakan ini jelas-jelas kontraproduktif terhadap kepentingan Palestina; Ini hanya berfungsi untuk memastikan bahwa orang Amerika tidak dapat mendengar atau mempertimbangkan perspektif Palestina.”

Salah Al-Khawaja, demonstran, menegaskan melakukan aksi itu untuk menunjukkan perlawanannya atas deklarasi Trump.

“Yerusalem Timur adalah ibu kota Palestina. Karenanya, deklarasi Trump itu justru menafikkan solusi perdamaian Palestina-Israel yang bersandar pada solusi kedaulatan dua negara,” tegasnya.

Sebelumnya pada Januari 2018 lalu, delegasi AS yang mendatangi kota Betlehem juga disambut oleh demonstrasi massa.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id