Jalan Amblas di Roma "Telan" Enam Unit Mobil, 22 Keluarga Dievakuasi

Jalan-amblas-di-Roma.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, ITALIA - Insiden mengerikan, jalan amblas selebar 10 meter terjadi di Kawasan Balduina, Italia, Roma. Akibatnya, enam unit mobil tertelan masuk ke lubang jalan (sinkhole) tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi pada Rabu 14 Februari larut malam waktu setempat tersebut. Akan tetapi, sejumlah kepala keluarga di sekitar lokasi amblasnya jalan langsung dievakuasi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari kemungkinan terburuk lainnya.

Melansir dari ABC Net yang dikutip Okezone.com, Jumat, 16 Februari 2018, dalam foto-foto yang dirilis regu pemadam kebakaran Italia menunjukkan enam unit mobil terbalik di lubang sedalam 9 meter itu. Wali Kota Roma, Virgiana Raggi, sudah mengunjungi lokasi kejadian pada Kamis 15 Februari.

Lubang itu nampak menelan hampir seluruh ruas jalan yang berada di dekat lokasi pembangunan proyek. Kepolisian setempat bergerak cepat dengan menutup area di sekitar lokasi amblasnya jalan sehingga situasi sudah dapat dikontrol.

Kantor berita Italia, ANSA melaporkan, pihak kejaksaan sudah meminta keterangan dari pemilik serta perusahaan kontraktor proyek pembangunan tersebut. Jaksa Nunzia D’Elia dan wakilnya Mario Dovinola akan meminta penjelasan dari dua orang insinyur serta seorang ahli geologi untuk mengenai penyebab insiden tersebut.

Amblasnya jalan hingga mengakibatkan lubang menganga bisa diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya pergerakan air di bawah atau di permukaan tanah. ANSA mengabarkan, pekerjaan dilakukan di titik yang sama dengan lokasi kejadian pada Januari setelah adanya laporan kebocoran air yang cukup signifikan.

Meski sudah ada peringatan, pekerjaan di proyek pembangunan tersebut tetap dilanjutkan. Lubang jalan itu terjadi setelah Kota Roma diguyur hujan sepanjang Rabu 14 Februari.

Dilansir Republika.co.id, tidak ada laporan soal korban namun pihak berwenang memerintahkan agar 22 keluarga yang tinggal di apartemen-apartemen dalam dua blok diungsikan sebagai upaya pencegahan.

"Secara keseluruhan, warga yang dievakuasi berjumlah 50 hingga 60 orang," menurut laporan kantor berita Ansa, yang mengutip Wali Kota Roma Virginia Raggi.

Menurut Raggi, gedung-gedung apartemen akan menjalani pemeriksaan keselamatan sebelum keluarga-keluarga yang diungsikan bisa kembali.

"Jika belum aman untuk kembali, mereka akan diberi tempat tinggal sementara oleh kantor wali kota," katanya menambahkan.

Insiden lubang menganga itu terjadi di Balduina, yang merupakan kawasan permukiman mewah di Roma barat laut. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id