Seragam SD Rancangan Giorgio Armani ini, Ramai-ramai Ditolak Orangtua Murid, Alasannya...

Salah-satu-desain-seragam-SD-di-Tokyo.jpg
(Washington Post)

RIAU ONLINE, TOKYO - Pada umumnya, orang akan senang menggenakan pakaian yang dirancang oleh perancang ternama. Namun tidak dengan para walimurid Sekolah Dasar Negri Taimei di Tokyo, Jepang.

Para orangtua murid ramai-ramai menolak kebijakan sekolah yang akan membuat seragam baru hasil rancangan dari Giorgio Armani. Padahal, desain dan kualitas pakaian seragam itu tak diragukan lagi. Memiliki potongan ramping dan stylish.

Pakaian tersebut tentunya akan terlihat manis membalut tubuh anak mereka. Ditambah lagi, Kota Ginza, tempat sekolah tersebut berada merupakan salah satu area paling modis di Jepang.

Usut punya usut, ternyata alasan orangtua menolaknya adalah karena harganya yang sudah pasti fantastis untuk ukuran seragam SDN.

Seperti dilansir Washington Post oleh Suara.com, Senin, 12 Februaru 2018, orangtua diharuskan merogoh kocek hingga 80.000 yen, atau sekitar Rp10 juta untuk paket seragam lengkap, termasuk tas dan topi. Biaya tersebut tiga kali lipat biaya seragam standar sekolah dasar di Jepang saat ini.

"Mengapa harus Armani sebagai seragam sekolah dasar negeri?" protes salah satu orangtua.


Bahkan sebagai salah satu negara yang memiliki sense of fashion cukup tinggi, seragam rancangan Armani dirasa terlalu mahal untuk anak-anak. Terutama karena Taimei adalah sekolah negri yang didanai pemerintah.

Menanggapi reaksi para orang tua, anggota parlemen Party of Hope Manabu Terada akhirnya mengangkat isu ini pada sebuah pertemuan Komite Anggaran DPR.

Dikatakan bahwa seragam itu bahkan lebih mahal daripada beberapa setelan kerja untuk orang dewasa. 
Para menteri di pemerintahan pun sepakat bahwa beberapa keluarga sangat mungkin tidak dapat membeli seragam baru tersebut.

Menteri Pendidikan Yoshimasa Hayashi mengatakan bahwa sekolah tersebut seharusnya membicarakan masalah ini dengan orangtua terlebih dahulu, dan bahwa kementeriannya akan mempertimbangkan langkah-langkah untuk menghindari beban biaya seragam ini pada orangtua, demikian dilaporkan Kyodo News.

Namun, terlepas dari kritik para orangtua, sekolah dasar Taimei sepertinya akan tetap menggunakan desain seragam baru ini. Menurut Kepala Sekolah Toshitsugu Wada, seragam lama tidak akan diproduksi lagi, dan seragam baru rancangan Armani akan diperkenalkan pada bulan April mendatang.

Dalam sebuah konferensi pers, Wada mengatakan alasannya memilih Armani sebagai perancang seragam sekolah dasarnya, yaitu karena butik merek tersebut berlokasi di dekat sekolah, dan karena seragam tersebut sesuai dengan identitas Taimei sebagai "Sekolah Ginza." (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id