Aktual, Independen dan Terpercaya


71 Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Dekat Moskow

Saratov-Airline.jpg

RIAU ONLINE, MOSKOW - Pesawat Jet regional An-128 yang dioperasikan Saratov Airline jatuh di dekat Moscow, Rusia, Minggu 11 Februari 2018 waktu setempat. Sebanyak 71 orang tewas dalam insiden pesawat penumpang tersebut.

Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari Domodedovo ke kota Orsk, ketika jatuh di dekat Argunovo, sekitar 80 kilometer tenggara Moscow.

Baca juga:

Inilah Kecelakaan Pesawat Yang Jadi Misteri

Seluruh Penumpang Tewas Usai Pesawat Hantam Mal

"65 Penumpang dan enam awak di dalam pesawat itu, semuanya tewas," bunyi pernyataan kantor investigasi transportasi Rusia dikutip dari VOA Indonesia, Senin, 12 Februari 2018.

Pesawat berusia tujuh tahun itu menghilang dari radar beberapa menit setelah berangkat dari bandara terbesar kedua di Ibu Kota Rusia, Domodedovo, dan jatuh sampai 6.700 meter per menit pada detik-detik terakhir kecelakaan, demikian dilaporkan pelacak penerbangan FlightRadar24.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan "belasungkawa mendalam kepada mereka yang kehilangan anggota keluarga dalam kecelakaan itu," ujar juru bicara Putin, Dmitry Peskov.

Lokasi kecelakaan tertutup salju tebal, menunda akses ke daerah itu karena petugas penyelamat harus memarkir mobil dan jalan kaki ke lokasi kecelakaan.

Penyebab kecelakaan belum diketahui, namun kementerian transportasi Rusia sedang menyelidiki apakah cuaca buruk dan kesalahan manusia mungkin penyebabnya.

Bandara itu juga telah menjadi fokus keprihatinan keamanan di masa lalu. Tahun 2004 penyerang bunuh diri Chechen menghancurkan dua pesawat yang lepas landas dari bandara itu, menewaskan 90 orang. Lalu pemboman di area kedatangan menewaskan 37 orang.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah menyampaikan ucapan duka cita kepada Putin dan rakyat Rusia.

"AS sangat terpukul atas kematian tragis para penumpang Saratov Airlines Penerbangan 703. Kami sampaikan duka cita kepada keluarga para korban dan kepada rakyat Rusia," kata pernyataan yang dirilis Gedung Putih. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id