Joko Widodo Imami Shalat Presiden Afghanistan

Presiden-Jokowi-menjadi-imam-salat-di-Afghanistan.jpg
(Foto Kementerian Sekretariat Negara RI)

RIAU ONLINE, KABUL - Presiden Republik Indonesia tiba di Afghanistan di tengah hujan salju yang turun mengguyur Ibukota Kabul, Senin 29 Januari 2018 waktu setempat. Meski begitu, dinginnya salju tidak mengurangi kehangatan sambutan yang diberikan oleh pemerintah Afghanistan.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut langsung oleh Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani dan pejabat lain. Diantaranya Wakil Presiden Sarwar Danish, Menteri Luar Negeri Salahudin Rabbani dan Menteri Keuangan Eklil Hakimi.

Turut hadir juga, Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani, Gubernur Kabul Mohammad Yaqoub Haidan, serta Wali Kota Kabul Abdullah Habibzal.

Dikutip dari Okezone.com, Selasa 30 Januari 2018, dalam pertemuannya dengan orang nomor satu di Afghanistan ini, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), mendapat kenang-kenangan berupa turban khas Afghanistan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas menghadiahi Presiden Ashraf Ghani dengan sebuah peci khas Indonesia. Keduanya lalu berpelukan.


Usai penyerahan cenderamata, Presiden Jokowi didapuk menjadi imam salat. Para pejabat Afghanistan, termasuk Presiden Ashraf Ghani, menjadi makmum. Momen tersebut terekam dalam video berjudul “Rangkaian Acara Penyambutan Kenegaraan, Kabul” yang diunggah Kementerian Sekretariat Negara RI di akun Youtube resmi pada 29 Januari.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan bertujuan untuk menguatkan hubungan bilateral kedua negara sekaligus perwujudan diplomasi perdamaian Indonesia. Selain itu, kunjungan tersebut menjadi momen bersejarah karena Presiden Jokowi mengikuti jejak Presiden Soerkano yang mengunjungi Afghanistan pada 1961, atau pertama kali dalam 57 tahun terakhir ada Kepala Negara Indonesia yang bertandang ke Kabul.

Presiden Ashraf Ghani terlebih dahulu datang dan berkunjung ke Indonesia pada April 2017. Kunjungan tersebut diikuti oleh kedatangan Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan pada Desember 2017. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id