Sejarah Baru, Wanita Arab Boleh Nonton Pertandingan Olahraga di Stadion

Wanita-Arab.jpg
(The Irish Times)

RIAU ONLINE - Kesetaraan gender terus bergulir di negara Arab Saudi dan menjadi sejarah baru. Sedikit demi sedikit, pemerintah telah memberikan peluang kepada kaum hawa untuk lebih banyak beraktivitas di luar rumah.

Untuk pertama kalinya, perempuan di negara teluk tersebut diizinkan menonton pertandingan olahraga di stadion. Dikutip dari Suara.com, Selasa, 9 Januari 2018, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa mereka membuka stadion bagi perempuan untuk pertama kalinya pada, Jumat, 12 Januari 2018 nanti.

Baca juga:

Gara-Gara Pose Tanpa Hijab, Wanita Ini Dituntut Untuk Dieksekusi

Akhirnya, Perempuan Di Arab Saudi Boleh Mengendarai Sepeda Motor

Pertandingan pertama akan diadakan di Ibu Kota Riyadh, selanjutnya di Jeddah di Laut Merah, dan yang ketiga di timur kota Dammam.


"Pertandingan pertama yang akan diizinkan perempuan menonton adalah pertandingan Al-Ahli versus Al-Batin pada hari Jumat, 12 Januari," kata Kementerian Informasi Arab Saudi dalam sebuah pernyataannya, Senin, 8 januari 2018 kemarin.

Para perempuan Arab Saudi diizinkan untuk menonton pertandingan lain di hari berikutnya, bersamaan dengan pertandingan ketiga pada 18 Januari mendatang.

Keputusan ini merupakan bagian dari program reformasi secara sosial yang dilakukan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, menyusul kebijakannya yang diberi nama visi Arab Saudi 2030 (Vision 2030).

Sekadar untuk diketahui, Arab Saudi berada di peringkat 141 dari 144 negara mengenai paritas gender dalam Laporan Gejolak Gender Global 2016 oleh Forum Ekonomi Dunia.

Negara yang kaya akan minyak ini telah lama dikritik karena peraturannya yang ultra konservatif mengenai hak-hak perempuan.

Pada 23 September 2017 lalu, ratusan perempuan Arab Saudi berkumpul di Ibu Kota, untuk pertama kalinya di stadion sepakbola di Riyadh, untuk menyaksikan perayaan Hari Nasional Arab Saudi. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id