Aktual, Independen dan Terpercaya


Muslimah Berhijab ini Tantang Vladimir Putin di Pilpres 2018

Aina-Gamzatova-46.jpg

RIAU ONLINE, MOSKOW - Aina Gamzatova (46) memang seorang muslimah bernyali. Meskipun seorang wanita, ia berani untuk bertarung untuk memperebutkan tahta kekuasaan di Rusia melawan calon presiden petahana Vladimir Putin. Keduanya akan beradu dalam Pemilihan Presiden Rusia pada 2018.

Wanita asal Dagestan ini pun telah resmi mendeklarasikan pencalonannya sebagai capres di Ibu Kota Republik Dagestan, Makhachkala pada Sabtu, 30 Desember 2017 kemarin. Ia akan berjuang dari jalur independen.

"Deklarasi Aina Gamzatova sebagai kandidat presiden Rusia mendapat dukungan 542 orang," kata Juru Bicara Gamzatova, Gurizad Kamalov seperti dilansir TASS.

Gamzatova merupakan pimpinan dari grup media muslim terbesar Rusia, Islam.ru. Inilah salah satu kekuatan dari Gamzatova. Lini bisnis grup miliknya terdiri fari jaringan di media TV, radio, serta media cetak serta surat kabar serta penerbit buku-buku Islam. Selama ini, grup itu juga melakukan kegiatan sosial yang rutin.

Wanita tangguh ini memiliki perjalan hidup yang keras dan penuh liku. Ia dikabarkan menikah dua kali. Yang pertama dengan Said Muhammad Abubakarov. Sayangnya Abubakarov tewas ketika mobil yang ditumpanginya meledak tahun 1998 silam dan pelakunya tidak pernah diketahui.

Kemudia ia pun menikah keduakalinya dengan Akhmad Abdulaev yang berstatus seorang Mufti Dagestan. Deklarasi Gamzatova itu menuai pro dan kontra.

"Saya melihat Gamzatova hanya berusaha menggunakan hak konstitusionalnya sebagai warga negara Rusia," ujar pendukungnya, Aisha Anastasiya Korchagina seperti dilansir Al Jazeera yang dikutip Fajar.co.id.

Seorang blogger populer di Dagestan, Zakir Magomedov memprediksi Gamzatova berat untuk menang melawan Putin. Namun ia bisa meraup suara signifikan di Dagestan dan Kaukasus Utara.

Selain Gamzatova, masih ada perempuan lain yang bakal bertarung di Pilpres Rusia 2018. Ia adalah Ksenia Sobchak. Ini akan menjadi semakin menarik, karena Putin harus berjuang untuk memperebutkan suara dengan dua wanita hebat. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id