Aktual, Independen dan Terpercaya


Sebelum Balapan, Ritual Unik ini Biasa Dilakukan Marquez

Alex-Marquez.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Setiap pembalap MotoGP pasti punya trik khusus menjelang beraksi di lintasan balapan. Tak terkecuali pembalap asal Spanyol, Marc Marquez, yang ternyata memiliki kebiasaan unik sebelum mengaspal.

Rahasia yang dibagikan pembalap Repsol Honda ini salah satunya adalah menjalani program diet. Maklum, dia memiliki pelatih pribadi khusus pada aspek psikologis dalam pelatihannya.

"Saya mengikuti diet dan beberapa program latihan. Tak ada yang istimewa, diet klasiknya seimbang dengan karbohidrat, sayuran, buah dan daging," tutur Marquez, seperti dikutip dari liputan6.com, Selasa (19/9/2017).

Selain program diet, Marquez juga memberikan trik jitu bagaimana mengatur nafas dengan baik. Ia menjelaskan, mengatur pernafasan selama balapan merupakan aspek penting.

"Jika seorang pembalap dalam kondisi baik-baik saja, itu mudah. Yang terpenting adalah tetap tenang dan rileks. Anda harus bernafas di antara satu kurva dan yang lainnya," jelasnya.

"Itu penting, secara pribadi membantu saya untuk tetap berkonsentrasi. Saat saya gugup saya suka melakukan tiga atau empat pernapasan panjang, itu membuatku merasa lebih baik," tambah Marquez.

Pembalap berusia 24 tahun ini tidak menjelaskan apakah masih melakukan kebiasaan mengecek detak jantung sebelum balapan. Pasalnya, Baby Alien pernah mencobanya sewaktu belum tampil di MotoGP alias di kelas Moto2 pada 2012.

"Biasanya saya tidak menggunakan itu. Tapi, di tahun 2012 (Moto2), saya mencoba melakukan hal itu dengan monitor detak jantung tepat sebelum balapan. Karena saya merasa tegang. Di monitor bisa terlihat bahwa saya memiliki 150 denyut per menit. Dan, selama balapan saya memiliki rata-rata yang lebih sedikit tinggi," ujar Marquez.

Marquez saat ini sedang mempersiapkan balapan seri 14 di Aragon, Spanyol, akhir pekan ini. Kemenangan menjadi harga mati untuk memperlebar jarak dari dua pesaingnya, yakni Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id