Ingin Nikah tapi Tak Ada Biaya? Pasangan Ini Nikah dengan Biaya Rp 13 Ribu

Wilson-dan-Ann.jpg
(BBC.COM)

RIAU ONLINE - Apakah Anda sanggup nikah dengan hanya bermodalkan Rp 13 ribu? Dengan jumlah tersebut, pasangan kekasih di Kenya, menyelenggarakan pernikahan mereka dengan anggaran senilai itu. 

Tak ayal, pasangan ini memperoleh pujian dari berbagai kalangan di media sosia. Pasangan tersebut, Wilson (27( dan Ann Mutura (24), telah berpacaran selama lebih dari tiga tahun.

Namun, keinginan keduanya untuk menikah pada 2016 terpaksa ditunda dua kali karena mereka tidak mampu membayar biaya pernikahan sebesar 300 Dolar AS (sekitar Rp 3,5 juta). Mereka sempat meminta sumbangan kepada teman-teman dan keluarga, namun upaya mereka gagal.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Pasangan Pernikahan Sejenis Tersangka

Keduanya memutuskan menikah tahun ini dengan biaya minimum. Pengantin pria hanya menghabiskan biaya Rp 13 ribu untuk membeli sepasang cincin kawin. Cincin ini ia beli di tengah-tengah upacara pemberkatan nikah.

Biaya-biaya lainnya yang dikeluarkan dalam pernikahan pasangan itu, seperti dilansir dari BBC Indonesia, termasuk biaya surat nikah, ditanggung oleh pihak gereja.


Para netizen memuji langkah mereka seraya menekankan bahwa biaya pernikahan semakin mahal. Wilson mengatakan kepada BBC, kakaknya bahkan menyarankan ia untuk mengorbankan pernikahan dan hidup dengan Ann tanpa menikah.

Namun, itu bukan pilihan bagi Wilson yang bekerja sebagai penjual buah dan tunangannya pun menginginkan "sebuah pernikahan yang diberkahi dan abadi". "Sebagai pasangan Kristen, kami ingin menikah dan hidup dengan martabat untuk menghindari godaan lainnya," kata Ann.

Jadi pasangan ini memilih mengadakan upacara pernikahan yang sangat sederhana di Nairobi tanpa kue, bunga atau hiasan. Saat menikah, keduanya mengenakan celana jeans, T-shirt dan sepatu olahraga. Harta mereka satu-satunya hanya baja mengkilap dipakai sebagai cincin kawin.

Selama upacara pernikahan, Wilson membuat jemaat terkejut karena ia berlari keluar dari gereja untuk membeli dua cincin, kata Pastor Jasper Ojwach, dari pusat ibadah komunitas Kristen Nairobi kepada BBC.

Pengantin pria bersorak saat ia mengeluarkan cincin dari sakunya sebelum acara pemberkatan. Pasangan ini mengungkapkan keterkejutan mereka atas tanggapan positif di media sosial untuk pernikahan sederhana mereka dan mendorong kalangan anak muda Kenya lainnya untuk mengikuti mereka.

Klik Juga: Nikah Di Kantor Polisi, Sejoli Ini Diberi Malam Pertama Beberapa Jam

"Saya yakin masalah uang tidak semestinya menghentikan anak-anak muda seperti kita untuk menikah. Jika orang saling mencintai dan ingin menikah mereka seharusnya bisa melakukannya," kata Ann.

Sebagai reaksi hangat, pasangan itu menerima berbagai hadiah baik dari perusahaan maupun individu yang tersentuh oleh keberanian mereka. Mereka akan pergi berbulan madu, segera setelah sebuah agen perjalanan memberi mereka liburan selama lima hari.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline