Aktual, Independen dan Terpercaya


Lihat, Inilah Perbandingan Antusiasme Rakyat AS Sambut Trump dan Obama

pERBANDINGAN-PELANTIKAN.jpg
(AP IMAGE)

RIAU ONLINE - Sepasang foto dokumen AP Image menunjukkan pandangan kerumunan saat pelantikan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 20 Januari 2009 dan Presiden AS Donald Trump pada 20 Januari 2017, kemarin.

Keduanya adalah pemandangan kerumunan yang terjadi di National Mall, Washington DC. Perbedaan yang terlihat pada foto tersebut menimbulkan sebuah tanda tanya, mengapa antusiasme tampak berkurang saat pelantikan Presiden Donald Trump?

Pelantikan TrumpAntusiasme Publik AS saat menyambut Presiden Donald Trump, Jumat, 20 Januari 2017 (AP IMAGE)

Pasalnya, antusiasme publik AS tampak membludak saat menyambut pengucapan sumpah jabatan Presiden Barack Obama delapan tahun lalu.

Foto Pelantikan Obama

Kerumunan Rakyat AS yang tampak membludak saat pelantikan Presiden Barack Obama (AP IMAGE)

Seperti diberitakan Antara News, Kedua foto itu dilansir oleh Publik Broadcasting Service (PBS), jaringan televisi penyiaran publik yang beranggotakan 345 stasiun televisi di 50 negara bagian AS.

Keduanya disajikan PBS itu dengan rekaman karema tayangan langsung TV Pool lembaga penyiaran publik AS itu hanya beberapa menit jelang Presiden Donald Trump mengucap sumpah jabatan sebagai Presiden AS ke-45.

Panitia penyelenggara pelantikan Presiden Trump, awal pekan ini mengatakan bahwa mereka memperkirakan sekitar 800 ribu orang yang menghadiri perayaan pelantikan Presiden AS di National Mall, Wasihington DC.

"Kini antusiasme publik kurang dari setengah sebanyak 1,8 juta orang yang hadir saat pelantikan pertama Presiden Barack Obama pada 2009," demikian pernyataan panitia inagurasi Presiden AS.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline