Aktual, Independen dan Terpercaya

Aneh, Gadis Ini Bersin 8 Ribu Kali Sehari

Ira-dan-Ibunya.jpg
(ODDITY CENTRAL/YOUTUBE/EAST NEWS SCREENGRAB)

RIAU ONLINE - Seorang gadis muda dari Colchester, Inggris mengidap penyakit aneh. Ia bisa bersin sebanyak 8.000 kali dalam sehari.

 

Ira Saxena tidak bisa berhenti bersin. Mulai bangun tidur, dia bersin lebih dari 10 kali per menit dan kondisi yang tidak biasa itu tampaknya akan semakin memburuk. Ibunda Ira, Priya sudah putus ada untuk mengobati anaknya, dokter bahkan tidak yakin apa yang menyebabkan serangan bers in yang tidak biasa itu.

 

Kondisi bersin tak biasa yang diidap Ira berawal dari suatu pagi, tepatnya tiga pekan lalu, ketika Ira bangun dari tidurnya dan mulai bersin. Menurut Priya, mulanya bersin Ira tidak begitu parah. Kemudian berkembang sampai gadis itu tidak bisa bersekolah lagi.

 

Ira sekarang bersin sekitar 8.000 kali dalam sehari, bahkan terkadang dalam semenit Ira bisa bersin hingga 10 kali. "Untungnya, dia bisa tidur-tidur dalam keadaan baik-baik saja, itu adalah satu-satunya waktu ketika dia tidak bersin dan dia bisa tidur sepanjang malam," kata Priya, seperti dikutip dari Oddity Central, Minggu, 24 Juli 2016.

 

Ira telah mendatangi beberapa dokter, usai menduga bahwa penyebabnya bukan pilek atau alergi. Dokter tidak mengetahui penyebab bersin yang mendera Ira sepanjang hari. Para dokter menduga mungkin penyebabnya adalah karena sinyal salah yang dikirim dari otak atau tc, namun dokter tidak dapat memastikannya.

 

Priya mengatakan, Ira tidak alergi terhadap sesuatu dan telah diberikan obat steroid, anthistamin dan obat semprot hidung, tapi dia mengalami perkembangan apapun.

 

"Tidak ada seorang pun melihat sesuatu seperti ini sebelumnya dan mereka semua memberikan obat yang berbeda, tapi tidak ada yang bekerja," ungkap Priya.

 

Selain saat tidur, gadis itu akan berhenti bersin ketika menjalani sesi hipnoterapi. Namun, dia akan bersin kembali saat bangun. Dokter kebingungan untuk menemukan penjelasan dari kondisi Ira, sementara Priya kini berharap agar Ira bisa di homeopati.

 

Ira akan berhenti bersin setidaknya sekali setelah 25 menit, tapi setelah itu terkadang ia akan bersin setiap 10 sampai 15 detik. Ira mengaku menghindari kegiatan di luar rumah, karena itu akan menyebabkan bersinnya semakin memburuk.

 

"Kondisi ini telah merenggut hidupnya. Ini sangat membuat frustasi. Saya hanya ingin dia kembali normal," ujar Priya.

 

Kasus-kasus yang dialami Ira Saxena, meskipun sangat jarang, namun tidak pernah terdengar. Pada 2009, seorang gadis 12 tahun, Lauren Johnson juga menderita hal yang sama. Seorang ahli imunologi mendiagnosa sistem kekebalan tubuhnya telah mengalami haywired karena infeksi tenggorokan.

 

Kini, Ibunda Ira, Priya mengharapkan bantuan untuk menyembuhkan Ira. Bagi yang ingin membantu meringankan beban Priya dapat menghubunginya melalu email pribadinya, priya99.saxena@gmail.com.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline