Rakyat Vietnam Berang Lihat Arogansi China di Laut China Selatan

Laut-China-Selatan.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE Aksi sepihak China yang mengklaim Laut China Selatan sebagai milik mereka, memicu rakyat Vietnam untuk berang dan emosi. 

 

Tak tanggung-tanggung selebriti top Vietnam menghiasi halaman Facebook mereka dengan kata “NO” di atas peta menggambarkan sembilan garis putus-putus, atau batas dari klaim maritim China yang luas itu.

 

Mereka menunjukkan kepada publik sikap politik terkait keputusan Mahkamah Internasional memenangkan Filipina dan tidak mengakui klaim Beijing atas Laut China Selatan.

 

Mahkamah Arbitrase Internasional di Den Haag, Belanda, pekan lalu memutuskan, China tidak memiliki basis hukum mengklaim “hak historis” atas pulau-pulau di perairan yang kaya sumber daya alam dan dipertikaikan itu.

 

Keputusan ini, dilansir dari VOAIndonesia telah mengundang reaksi keras dari pejabat dan artis China, juga punya banyak penggemar di Vietnam. 


 

Baca Juga: Terbukti Langgar HAM, Pengadilan Internasional Tuntut Pemerintah Indonesia Minta Maaf

 

Dalam sebuah tanggapan, tampaknya diorganisir, penyanyi-penyanyi papan atas Vietnam menghiasi halaman Facebook mereka dengan kata “NO” di atas peta yang menggambarkan sembilan garis putus-putus, atau batas dari klaim maritim China yang luas itu.

 

Demo Anti-China di Manila, Filipina

REUTERS/KHAM

PARA demonstran anti-China mendukung Filipina di depan kedutaan besar negara itu di Hanoi, Vietnam, Sabtu, 17 Juli 2016.

 

Dalam sebuah langkah menyolok lainnya, sepertinya seizin pengawas media Hanoi, sebuah saluran TV di Vietnam selatan menghentikan seri drama TV China, setelah pemeran utamanya menyuarakan dukungan untuk klaim Beijing yang kontroversial itu.

 

Sementara itu, petugas imigrasi Vietnam di perbatasan China dilaporkan menolak memberikan stempel imigrasi untuk paspor turis China yang bergambar daerah demarkasi maritim itu. Visa turis diterbitkan di dokumen lain yang terpisah.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline