Aktual, Independen dan Terpercaya


Penampilan Rossi Mulai Memburuk Dari Sini

Performa-Rossi-di-GP-Jerman.jpg
(FACEBOOK/VALENTINO ROSSI)
ombudsman

RIAU ONLINE - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengakhiri paruh pertama MotoGP 2016 dengan tertinggal 59 poin dari Marc Marquez di puncak klasemen sementara. Bagi The Doctor, paruh pertama musimnya memburuk setelah insiden motor rusak di GP Italia.

 

Hingga sembilan seri yang sudah dijalani musim ini, Rossi tiga kali gagal finis. Di GP Americas dan GP Belanda, pebalap asal Italia itu melakukan kesalahan dengan mengalami kecelakaan tunggal. Sementara di GP Italia motor M1 yang ditunggangi Rossi mengalami kegagalan mesin.

 

Pihak Yamaha menyatakan rusaknya mesin motor M1 milik Rossi (saat balapan) dan Jorge Lorenzo (di sesi pemanasan) dikarenakan gangguan rev limiter atau alat pembatas putaran mesin di perangkat kontrol elektronik (ECU).

 

Dibanding kegagalan finis di GP Americas dan GP Belanda, Rossi justru menganggap masalah mesin di GP Italia sebagai titik awal keterpurukannya hingga paruh musim ini. (KLIK: Usulan Rossi Ini Ditolak Mentah-mentah oleh Marquez dan Dovizioso)

 

"Musim mulai berubah menjadi buruk di Mugello. Jika saya mampu meraih 20 poin atau 25 poin dari balapan itu, peluangnya mungkin akan sangat berbeda," ujar Rossi seperti dikutip dari GPOne. Sebagaimana dilansir dari laman CNN Indonesia.

 

"Mungkin di GP Belanda saya seharusnya mengambil risiko lebih sedikit dan situasinya akan berbeda. Tapi, situasinya berakhir seperti itu," sambung The Doctor.

 

Baik di GP Italia dan GP Belanda, Rossi sebenarnya memiliki peluang besar meraih kemenangan. Di GP Italia, pebalap 37 tahun itu sedang bersaing ketat dengan Lorenzo yang akhirnya menang di Mugello. Sedangkan di Belanda, Rossi terjatuh ketika memimpin balapan.

 

"Ada hasil karena kesalahan dan juga karena ketidakberuntungan, itu sebabnya jarak poin saya dengan Marquez sangat besar. Tapi, masih ada setengah musim tersisa," tegas Rossi. (LIHAT: Masyaallah, Pebalap Muslim Juara Moto3 GP Jerman Ini Hindari Perayaan Siram Bir)

 

 

Rossi dan para pebalap MotoGP lainnya saat ini sedang menjalani tes di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Rossi mengatakan hasil dari tes di Austria sangat penting baginya menghadapi paruh kedua musim.

 

"Kami butuh sesuatu untuk mengubah halaman. Saya harus meraih poin lebih banyak daripada yang sudah saya raih saat ini," ucap Rossi.