Aktual, Independen dan Terpercaya

Inilah Kronologi Kudeta Militer Turki

Suasana-Kudeta.jpg
(OKEZONE/REUTERS/AFP)

RIAU ONLINE - Sebanyak 161 orang tewas dalam upaya kudeta militer di Turki, sementara lebih dari 1.400 orang terluka. Ada lebih dari 2.800 penangkapan.

 

Usai berjuang bersama rakyat, polisi pro-pemerintah Turki, akhirnya negara dapat dikendalikan dan para tentara pemberontak dapat dilumpuhkan.

 

Presiden Turki telah menyatakan bahwa pemerintahnya akan bertanggung jawab setelah upaya kudeta yang menimbulkan ledakan, pertempuran udara dan tembakan yang menewaskan puluhan orang.

BACA JUGA: Ribuan Orang Ditangkap Usai Kudeta Gagal di Turki

 

Sebuah rekaman video berdurasi 90 detik yang dimuat di laman Belfast Telegraph, dilansir dari Okezone, menunjukkan kronologi kudeta militer tersebut.

 

Rekaman itu memperlihatkan masyarakat dan tentara pemberontak saling terlibat perkelahian. Bahkan, polisi pro-pemerintah harus menutup jembatan penghubung yang mengakibatkan arus lalu lintas menjadi mecet parah.

 

Kudeta militer terjadi pada Sabtu, 16 Juli 2016, pukul 23.07 waktu setempat. Sejumlah jet militer tampak beterbangan di pusat Kota Ankara dan Istanbul, Turki, usai diumumkannya kudeta militer yang membuat warga Turki cemas.

KLIK JUGA: Cerita WNI 13 Terjebak di Bandara Saat Kudeta Turki

 

Tepad pada pukul 23.45, militer Turki pro-pemerintah langsung mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengendalikan situasi. Militer Turki bahkan, menyatakan bahwa kudeta dilakukan oleh anggota teroris.

 

Sementara Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, sedang tidak berada di Istanbul saat diumumkan kudeta militer. Pada pukul 00.30, Presiden Erdogan langsung memerintahkan seluruh rakyat Turki untuk turun ke jalan menolak kudeta militer melalui saluran telepon.

LIHAT JUGA: Inilah Alasan Pengikut Gulen Kudeta Militer Presiden Erdogan

 

Setibanya di Turki, pada pukul 06.46, Erdogan langsung menyatakan bahwa kudeta itu merupakan sebuah tindakan pengkhiatan kepada negara.

 

Beberapa jam kemudian, bentrokan antara masyarakat sipil dan tentara pengkudeta mulai meluas di seluruh penjuru Turki. Bahkan, pada pukul 12.49 korban meninggal sudah mencapai 161 orang dan 1.440 orang mengalami luka.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline