Aktual, Independen dan Terpercaya

Jalannya Balap MotoGP Jerman, Marquez Sempat Terpuruk Lalu Juara

Marquez-Juara.jpg
(CRASH)

RIAU ONLINE - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil juara pada balap MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu, 17 Juli 2016. Ini merupakan kemenangan ke tujuh The Baby Alien pada ajang MotoGP 2016. Marquez menyentuh garis finis dengan torehan waktu 47 menit 3,239 detik.

 

Dikutip dari laman Bola.com, Marquez unggul 9,857 detik atas Cal Crutchlow yang ada di posisi kedua. Sementara podium ketiga ditempati Andrea Dovizioso yang terpaut 11,613 detik dari Marquez. Bagi Marquez, ini adalah kemenangan ketujuh beruntun di Sirkuit Sachsenring.

 

Sementara duo pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, kembali terpuruk. Rossi yang sempat berada di barisan depan, harus puas finis kedelapan. Sementara Lorenzo tercecer di posisi ke-14.

 

Marquez yang menempati pole position, melakukan start dengan baik. Dia mampu mempertahankan posisi terdepan. Sementara Rossi sukses menyodok ke posisi kedua.

 

Namun sebelum lap pertama berakhir, Rossi sudah berhasil menyalip Marquez. Bahkan, posisi pebalap asal Spanyol itu kembali melorot pada posisi ketiga setelah dilewati Dovizioso.

 

Pada lap ketiga, Rossi turun dua posisi. Pebalap asal Italia ini disalip Dovizioso dan Danilo Petrucci. Satu lap berikutnya, Petrucci sukses menempati posisi terdepan dengan melewati Dovizioso.

 

Pada lap kelima, Marquez yang sebelumnya selalu mendominasi MotoGP Jerman, kembali melorot posisinya. Menariknya, Marquez disalip Jack Miller, pebalap yang juga melewatinya pada balapan MotoGP Assen, beberapa waktu lalu.

 

Marquez kian terpuruk. Pada lap kedelapan, giliran Hector Barbera yang menyalip The Baby Alien. Ambisi untuk mempertahankan gelar pun kian jauh dari genggaman.

 

Saat balapan menyisakan 20 lap, Petrucci mengalami nasib apes. Dia tergelincir dan harus merelakan posisi terdepan diambil Dovizioso.

 

Tak lama Marquez juga mengalami insiden pada tikungan ke-8. Pebalap berusia 23 tahun itu melebar dan masuk ke gravel. Dia pun melorot ke posisi sembilan.

 

Pada lap ke-14, Barbera melakukan manuver yang luar biasa. Dia mampu menyalip Rossi pada tikungan pertama untuk merebut posisi kedua. Namun, tiga lap berselang, Rossi kembali merebut posisinya itu.

 

Persaingan di barisan depan memanas saat balapan tersisa 8 lap. Dovizioso mendapat ancaman dari Rossi dan Crutchlow. Namun, Barbera dan Miller siap mencuri keuntungan.

 

Pada lap ke-23, lima pebalap di depan memutuskan untuk ke dalam pit untuk mengganti motor. Hal ini dimanfaatkan Miller untuk berada di depan. Pebalap Australia itu memilih untuk tidak masuk ke dalam pit.