Siapa Jack Miller, Sang Juara MotoGP Sirkuit Assen

Jack-Miller-Pebalap-Australia.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Pebalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Jack Miller berhasil menaklukkan lintasan basah Sirkuit Assen, Belanda. Miller tampil sebagai juara setelah finis lebih awal di depan Pebalap Repsol Honda Harc Marquez.

 

Ini merupakan podium pertama bagi pebalap asal Australia. Lintasan basah akibat hujan deras mengguyur Sirkuit Assen membuat banyak pebalap lebih hati-hati. Namun tidak bagi Miller, ia tampak percaya diri menggeber tunggangannya hingga mampu unggul jauh meninggalkan Marquez diurutan kedua.

 

Setelah terhenti sekitar 15 menit akibat hujan lebat yang mengguyur Sirkuit Assesn, Belanda, Rice Director kemudian memutuskan dilakukannya restart sesuai dengan hasil jelang dihentikan balapan. (KLIK: Luar Biasa Jack Miller, dari Posisi 19 Raih Podium Singkirkan Marquez)

 

Restart ini dilakukan jelang 12 lap akan berakhir di Sirkuit Assen,Minggu, 26 Juni 2016. Sirkuit ini terkenal dengan cepat mengering walau hujan lebat mengguyur lintasan aspal. 


 

Hasilnya, usai dilakukan restart, Rossi menyodok ke depan dengan meninggalkan pebalap Italia yang membela Ducati, Andrea Dovizioso. Apesnya, Dovi, penggilan akrab Dovizioso, harus tersingkir usai terjatuh akibat masih licinnya lintasan. Hal serupa juga dialami pebalap Danilo Petrucci, dari Octo Tim Pramac Yakhnich, yang tak bisa lanjutkan lomba.


Sayangnya, saat memimpin lomba, Rossi harus terjatuh akibat slip karena lintasan masih basah dan licin. Tak ayak, dengan kondisi seperti ini membuat Rossi mengamuk menyesali nasib sudah unggul atas pesaing abadinya, Marc Marquez, pebalap Tim Repsol Honda.

 

Sebelumnya, Rice Director mengambil keputusan untuk menghentikan sementara waktu balapan MotoGP yang sedang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu, 26 Juni 2016. (LIHAT: Rossi Terjungkal Jatuh Akibat Lintasan Licin di Sirkuit Assen)

 

Rice diulang dengan posisi sesuai dengan hasil balapan terakhir jelang diputuskan balapan dihentikan. Padahal, saat start dimulai, hujan sudah reda dan lintasan balapan masih basah. Namun, itu tak berlangsung lama. Saat balapan tinggal menyisakan 12 lap, di bawah guyuran hujan lebat, semua pebalap harus masuk paddock.


Dari pemberhentian sementara tersebut, duo Ducati mengepung The Doctor Valentino Rossi yang berada di peringkat kedua di bawah Andrea Dovizioso dan Andrea Ianonne.