Jelang Balap di Assen, Rossi Nyatakan Siap Lintasan Kering Maupun Basah

RIAU ONLINE - Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi harus meraih poin maksimal untuk memangkas jarak dengan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Start diurutan kedua di Sirkuit Assen, Belanda buat Rossi senang. Ia berharap balapan di Assen berlangsung dalam kodisi kering dan tak sedikitpun terganggu oleh hujan. meskipun begitu ia siap bila lintasan harus basah.

 

"Saya berharap lintasan kering karena di situlah saya merasa lebih kompetitif. Dengan ban kering, saya mampu mendapatkan ritme bagus."

 

"Namun bila kondisi lintasan basah, saya hanya bisa berharap saya juga tampil kompetitif. Saya tak memiliki waktu untuk mencoba ban intermediate kali ini jadi saya belum tahu bagaimana pengaruhnya," ujar Rossi seperti dikutip dari Crash. Sebagaimana dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari laman CNN Indonesia

 


Rossi menilai Assen adalah salah satu sirkuit yang sulit untuk ditaklukkan. (KLIK: Gagal Saat Latihan, Lorenzo Tak Yakin Bisa Kalahkan Rossi)

 

"Semua bisa lihat dari sulitnya menjalani babak kualifikasi bagi semua pebalap. Balapan di sini benar-benar penuh kesulitan karena kondisi bisa berubah. Dalam lima menit, kondisi lintasan bisa benar-benar berbeda dari sebelumnya," ujar pebalap asal Italia ini.

 

Bagi Rossi, pilihan ban yang dilakukan oleh tiap pebalap nantinya bakal memegang peranan penting pada hasil akhir lomba. (LIHAT: Raih Pole Position, Apakah Dovisiozo Pengganti Rossi)

 

"Setiap pebalap harus mengingat tentang kondisi lintasan yang ia lalui. Mana titik yang cepat kering dan mana yang masih basah dalam waktu agak lama."

 

"Hal itu akan memberikan perbedaan besar, terutama dengan kondisi yang ada seperti saat ini. Para pebalap juga butuh keberuntungan untuk bisa menebak waktu yang pas untuk masuk ke pit," tutur Rossi.