Seteru Lorenzo Asal Italia, Mulai Rossi, Ianonne Hingga Mendiang Simoncelli

Iannone-Seruduk-Lorenzo.jpg
(CRASH)

RIAU ONLINE - Jorge Lorenzo dikenal sebagai pebalap MotoGP yang kerap kali berseteru dengan pebalap asal Italia. Terbaru ia sempat kesal dengan ulah Ianonne yang menabraknya dari belakang hingga terjatuh pada lap ke-17 Katalonia pekan lalu.

 

Andrea Iannone bukanlah pebalap asal Italia pertama yang berseteru dengan Jorge Lorenzo di ajang MotoGP. Setidaknya ada dua pebalap asal Italia lainnya yang menjadi musuh Lorenzo.

 

Rival pertama Lorenzo yang berasal dari Italia adalah Valentino Rossi. Rivalitas itu sudah terbentuk sejak Lorenzo kali pertama menjadi rekan setim The Doctor di Yamaha pada 2008.

 

Ketika itu Rossi tidak senang dengan keberadaaan Lorenzo, yang langsung mengancam posisinya di Yamaha. Rossi bahkan sempat harus meninggalkan Yamaha dan bergabung dengan Ducati pada musim 2011 dan 2012. (KLIK: Inilah Curahan Kesedihan Sang Pelatih Luis Salom)

 

Puncak perseteruan Lorenzo dengan Rossi terjadi musim lalu, ketika kedua pebalap bersaing dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2015.

 

Musim lalu Lorenzo dituduh Rossi mendapat bantuan dari pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Lorenzo bahkan sudah tidak saling menyapa dan berjabat tangan sejak GP Malaysia tahun lalu, Oktober 2015.

 


Rivalitas Lorenzo dan Rossi sudah diprediksi mantan kepala mekanik The Doctor di Yamaha dan Ducati, Jeremy Burgess, sejak 2009.

 

“Ketika Anda memiliki pebalap di garasi yang sama, menggunakan sepeda motor yang sama, ban yang sama, dan Anda harus menghadapinya, maka rivalitasnya semakin besar,” ujar Burgess seperti dikutip dari MCN. Sebagaimana dilansir dari laman CNN Indonesia.

 

Peringatkan Simoncelli

 

Italia kedua yang menjadi rival Lorenzo adalah mendiang Marco Simoncelli. Sepanjang MotoGP 2011, Lorenzo dan Simoncelli sering adu argumen yang mencapai klimaks di konferensi pers GP Portugal, 1 Mei 2011. (BACA: Usai Jabat Tangan, Dovizioso: Rossi-Marquez tak Bikin Ricuh Lagi)

 

Lorenzo kesal dengan gaya membalap Simoncelli yang sering membahayakan pebalap lainnya, dan mengeluarkan peringatan untuk mantan rider Honda Gresini tersebut.

 

“Tidak masalah jika tidak ada yang terjadi di masa depan, itu tidak menjadi masalah saya. Tapi jika di masa depan terjadi sesuatu, maka itu akan jadi masalah kamu,” ujar Lorenzo seperti dilansir Crash.net.

 

Lima bulan setelah cekcok di Sirkuit Estoril tersebut, Simoncelli mengalami kecelakaan nahas di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan meninggal pada 23 Oktober 2011.

 

Rival teranyar Lorenzo yang berasal dari Italia adalah Andrea Iannone. Perseteruan kedua pebalap terjadi setelah Iannone menabrak Lorenzo pada lap ke-17 di GP Katalonia.

 

“Selalu ada satu pebalap yang tak mengerti risiko dan tindakannya bisa menyebabkan cedera serius kepada pebalap lain,” ujar Lorenzo usai GP Katalonia.

 

Meski memiliki sejumlah musuh dari Italia, menariknya Lorenzo akan memperkuat Ducati musim depan. Lorenzo adalah orang yang akan menggantikan posisi Iannone di Ducati musim depan.