Aktual, Independen dan Terpercaya


Penyebab Marquz dan Dovi Jatuh Bersamaan di Sirkuit Le Mans

Marquez-dan-Pedrosa.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Pebalap Repsol Honda marc marquez gagal naik podium di sirkuit Le Mans, Perancis lantaran terjatuh di lap 16. Meski demikian, Marquez tetap bisa melanjutkan balapan meski harus finis di urutan 13.

 

Juara dunia MotoGP 2013 dan 2014, Marc Marquez, mengungkapkan penyebab kecelakaan yang dialaminya di balapan MotoGP Perancis yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5).

 

Marquez yang sempat berada di posisi ketiga, harus finis di posisi ke-13 di GP Perancis. Pebalap asal Spanyol itu terjatuh di lap ke-16 pada tikungan ketujuh. Di saat bersamaan, pebalap Ducati Andrea Dovizioso yang berada di depan Marquez juga terjatuh.

 

Kecelakaan yang dialami Marquez dan Dovizioso terlihat aneh, karena keduanya terjatuh secara bersamaan layaknya atlet olahraga renang sinkronisasi meski tidak bersenggolan. Berbicara usai balapan, Marquez membantah terjatuh karena kaget melihat Dovizioso hilang kendali di tikungan ketujuh.

 

"Saya baru menyadari Dovizioso terjatuh ketika saya sudah berada di sisi trek. Jadi, insiden Dovizioso tidak ada hubungannya. Tapi ya, kami berdua kehilangan keseimbangan pada bagian depan di waktu yang sama," ujar Marquez seperti dilansir Crash.net. (KLIK: Kisah Dongeng Ranieri Dalam Sepak Bola, Mulai dari Cagliari Hingga Leicester City)

 

Marquez mengaku terjatuh karena mengambil risiko lebih banyak untuk menekan. Pebalap 23 tahun itu kehilangan banyak waktu karena tidak bagusnya akselerasi sepeda motor Honda RC213V yang ditungganginya.

 

"Sangat disayangkan saya mengalami kecelakaan. Saya memiliki balapan yang bagus, tapi hal seperti bisa terjadi jika Anda memiliki waktu yang terbatas di setiap lap," ujar Marquez. (BACA: Pedrosa Bakal Temani Rossi di Yamaha?)

 

"Saya bisa saja memilih balapan konservatif, tapi di Le Mans Anda akan tertinggal jika melakukannya, jadi saya mengambil risiko lebih banyak. Saat balapan saya kehilangan banyak akselerasi, jadi saya harus mengatasinya dengan mengerem lebih banyak. Pada akhirnya saya kehilangan keseimbangan pada bagian depan."

 

Meski sempat terjatuh, Marquez tetap melanjutkan balapan dan finis di posisi ke-13. Hasil di Le Mans membuat Marquez kehilangan posisi di puncak klasemen sementara, tapi The Baby Alien hanya terpaut lima poin dari Jorge Lorenzo.

 

"Hal positifnya adalah saya mampu mendapatkan tiga poin dan saya hanya tertinggal lima poin dari Lorenzo, itu bukan jumlah yang banyak," ujar Marquez. (CNN Indonesia)