Aktual, Independen dan Terpercaya


Begini Strategi Cerdas Rossi Sukses Asapi Lorenzo

Valentino-Rossi-dan-Tunggangannya.jpg
(FANPAGE/VALENTINO ROSSI)

RIAU ONLINE - Valentino Rossi tampil impresif dalam putaran seri Moto GP Spanyol. Pebalap Movistar Yamaha itu sukses mengasapi dua rival terdekatnya Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di sirkuit Jerez, Spanyol yang tidak lain adalah kampung halaman Marc dan Lorenzo. Lantas apa yang membuat Rossi mampu mengungguli dua pebalap itu?

 

Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, sempat mendapatkan tekanan dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, pada MotoGP Jerez 2016. Namun, ia tetap mampu merangkai sukses berkat strategi ban yang apik.

 

Dikutip dari laman Liputan6.com, dilihat dari hasil akhir dan waktu yang diciptakan, Rossi memang seperti tak mendapatkan perlawanan berarti kala melakoni balapan MotoGP Jerez di Sirkuit Jerez, Minggu (24/4/2016). Namun, sukses yang didapat adalah hasil dari kecerdasan Rossi.

 

Berkat kecerdasannya dalam mengambil keputusan sejak Sabtu (23/4/2016), Rossi pun mampu menyabet tiga sukses beruntun, yakni merebut pole position, podium juara, dan fastest lap. (KLIK: Usai Diasapi Rossi, Lorenzo Salahkan Ban, Marquez Persoalkan Tikungan)

 

Podium juara diamankan Rossi setelah memanfaatkan pole position untuk langsung melesat sejak awal. Ia pun sempat menciptakan jarak hingga empat detik dengan Lorenzo. Namun, jarak itu sempat menipis menjadi dua detik di lap-lap terakhir.

 

Ternyata, menipisnya jarak itu bukan karena Rossi melakukan kesalahan. Saat itu, Rossi tengah mencoba untuk mengatasi degradasi ban. Hal itu diungkap Rossi seusai balapan.

 

"Kami memulai dengan pengaturan yang baik. Saya pun familiar dengan cara menggunakan ban di trek ini. Ketika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki dua atau tiga keuntungan dalam lomba, Anda akan mengatakan, 'ahh, hari ini kami akan bersenang-senang'," kata Rossi seperti dilansir Motorsport.com. (BACA: Rossi Sukses Asapi Lorenzo di Spanyol)

 

Buktinya, saat Lorenzo mulai mendekat, Rossi kembali menggeber motornya. Jarak hingga tiga detik pun kembali tercipta. Di akhir balapan, Rossi yang sempat mengangkat motornya menjelang garis finis unggul 2,386 detik atas Lorenzo.

 

Bagi Rossi, itu adalah kemenangan kesembilan yang diukir di Jerez. Tujuh diantaranya dirangkai di MotoGP. Itu juga menjadi kemenangan ke-113 Rossi dalam kariernya di Grand Prix.