ISIS Latih 400 Pejuang untuk Serang Eropa

Pejuang-ISIS.jpg
(BBC)


RIAU ONLINE - Kelompok militan ISIS tengah melatih lebih dari 400 pejuang untuk melepaskan serangan teror yang lebih mematikan di seluruh Eropa.

 

Pejabat meyakini ratusan ekstrimis telah dilatih khusus untuk melakukan serangan eksternal pada kota-kota Eropa, seperti yang terjadi pada serangan di Brussels dan Paris.

 

Dilansir dari Daily Mail, para pejabat keamanan, termasuk pejabat intelijen Eropa dan Irak serta seorang anggota parlemen Parancis yang mengikuti jaringan jihad mengatakan kamp di Suriah dan Irak dirancang khusus melatih pejuang untuk melakukan serangan.

BACA JUGA: ISIS Bagi-bagikan Permen di Suriah, Rayakan Serangan di Brussels

 

Menurut para pejabat, sekitar 400-600 pejuang ISIS dilatih khusus untuk serangan eksternal. Hingga kini, 5.000 warga Eropa telah pergi ke Suriah.

 


"Kenyataannya adalah jika kita tahu persis berapa banyak jumlah mereka, itu tidak akan terjadi," kata co-head komisi pelacakan jaringan jihad, French Senator Nathalie Goulet.

 

Beberapa pejabat keamanan mengatakan ada bukti yang berkembang dan menunjukkan sebagian besar pelatihan dilakukan di Suriah, Libya dan tempat alinnya di Afrika Utara.

KLIK JUGA: Inilah Alasan Mengapa Belgia Dipilih Jadi Target Penyerangan

 

"Untuk melakukan serangan secanggih ini, membutuhkan pelatihan, perencanaan, bahan dan lanskap," ujar seorang peneliti senior di Pusat Internasional untuk Studi Radikalisasi di London, Shiraz Maher.

 

Sebelumnya, saat polisi menangkap tewas pemimpin dari serangan Paris pada November lalu, ia mengklaim bahwa ia telah memasuki Eropa bersama kelompok multinasional sekitar 90 pejuang yang tersebar 'kurang-lebih dimana-mana'

 

Berapa banyak pejuang yang telah dilatih dan siap untuk serangan, kini menjadi pertanyaan besar untuk para pejabat intelijen dan keamanan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: Daily Mail