Rossi: Valencia Sirkuit Yang Sulit, Sempit

Valentino-Juara-di-Podium.jpg
(FANPAGE FACEBOOK/VALENTINO ROSSI)

RIAUONLINE - Meski menutup hari pertama GP Valencia dengan berada di urutan kelima tercepat, Valentino Rossi tetap merasa senang dan puas. Pebalap Movistar Yamaha tersebut kalah cepat 0,364 detik dari rekan satu timnya, Jorge Lorenzo.

 

"Saya cukup senang, cukup puas dengan hasil hari Jumat karena kami memulai sesi pagi dengan baik. Saya bisa meningkatkan kecepatan setiap keluar dari pit," kata Rossi di Sirkuit Ricardo Tormo. (KLIK: Lorenzo Ingin Pensiun Bersama Rossi di Yamaha)

 

Rossi juga mengaku tidak ada masalah dengan kedua ban yang dipakai, sementara beberapa pebalap Honda mengeluhkan ban depan yang cepat panas.

 

"Secara keseluruhan saya senang karena saya membalap dengan baik dan merasa nyaman dengan motor. Untuk hari pertama, itu adalah hasil bagus. Saya berhasil melakukan beberapa putaran yang bagus," ujar pebalap 36 tahun tersebut. (LIHAT: Rossi Juara Dunia Jika Ia...)

 


Rossi juga berencana tetap turun pada sesi kualifikasi, Sabtu (7/11/2015), meskipun itu tidak akan berpengaruh pada posisi startnya.

 

Rossi harus memulai balapan dari posisi start paling belakang karena sudah mengantongi empat poin penalti, yang didapat di San Marino (1) dan Malaysia (3).

 

 

Rossi tengah berburu gelar juara dunia ke-10-nya sepanjang karier. Dengan start dari belakang, Rossi tahu betapa sulit jalan yang harus dia lewati untuk mewujudkan mimpi tersebut. (BACA: Sesi Latihan, Marquez No 1, Rossi Kelima)

 

"Semua tergantung pada kecepatan saya. Jika saya baik-baik saja dan kami mendapatkan setelan motor yang bagus, itu akan mengurangi tingkat kesulitan," aku pebalap berjuluk "The Doctor" tersebut.

 

"Namun, Valencia merupakan sirkuit yang sulit untuk memperbaiki posisi karena cukup sempit. Di lintasan lurus kami juga tidak terlalu cepat. Kami harus paham di mana bisa menyalip, dan kami harus punya setelan motor yang bagus untuk pengereman saat menikung," kata Rossi. (KLIK: Gugatan PSSI atas Kemenpora Dikabulkan PT TUN Jakarta)

 

Rossi dan para pebalap lainnya akan bersaing dalam sesi latihan bebas ketiga dan keempat, serta sesi kualifikasi pada hari ini.