Nicky Hayden Pensiun Usai Balap di Valencia

Pebalap-Movistar-Yamaha-Italia-Rossi.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Balapan di MotoGP Valencia, Minggu (8/11), dipastikan menjadi seri paling emosional bagi pebalap Aspar Honda, Nicky Hayden. Pebalap yang dijuluki The Kentucky Kid itu akan menjalani balapan terakhirnya di ajang MotoGP.


Setelah melalui 215 balapan sejak 2003, Hayden memutuskan untuk pensiun dari ajang MotoGP. Pebalap asal Amerika Serikat itu memilih beralih ke ajang Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) dengan memperkuat Ten Kate Racing mulai 2016. (KLIK: Rossi: Valencia Sirkuit Yang Sulit, Sempit)


Hayden akan selalu diingat sebagai penghenti dominasi Valentino Rossi dengan menjadi juara dunia MotoGP 2006. Sebelum itu, The Doctor mampu menguasai ajang MotoGP sepanjang musim 2001 hingga 2005.


Menariknya, meski pernah menjadi juara dunia MotoGP, Hayden hanya pernah meraih tiga kemenangan sepanjang kariernya. Kemenangan itu terjadi di GP Amerika Serikat 2005, GP Belanda 2006 dan GP AS 2006. (BACA: Sesi Latihan, Marquez No 1, Rossi Kelima)


Total Hayden sudah menjalani 215 balapan, meraih 28 podium, 5 kali pole position, dan meraih 1.697 poin. Terakhir pebalap 34 tahun itu meraih podium di GP Spanyol pada musim 2011.


Meski torehan prestasinya tidak terlalu cemerlang dibanding juara dunia lainnya, Hayden tetap mendapat penghargaan dari pihak Dorna selaku pengelola MotoGP. Hayden dinobatkan menjadi salah satu legenda MotoGP pada Jumat (6/11). (LIHAT: Rossi Juara Dunia Jika Ia...)


"Ini sebuah penghargaan yang luar biasa. Saya tahu ada pebalap lainnya yang masuk daftar legenda memiliki kemenangan lebih banyak daripada saya, tapi apa pun yang terjadi saya tetap masuk daftar. Saya sangat senang," ujar Hayden seperti dilansir situs resmi MotoGP. Sebagaimana dikutip dari laman CNN Indonesia. 



"Dalam 13 tahun terakhir saya makan, bernapas, dan tidur dengan MotoGP. Ini perjalanan yang luar biasa. Meski dalam dua tahun terakhir terasa besar, tapi saya menikmati setiap menitnya." (BACA: Rossi Tetap Start Paling Belakang di Valencia)


Hayden memulai kariernya di MotoGP dengan memperkuat Repsol Honda pada 2003. Pada 2009, Hayden hengkang ke Ducati dan kemudian memperkuat Aspar dalam dua musim terakhir.


Dengan masuk daftar legenda, Hayden sejajar dengan pebalap seperti Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees dan Carlo Ubbiali.

 

Simak berita MotoGp lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline