Timnas Indonesia U-16 Tahan Imbang 1-1 Vietnam

Piala-AFF-U-16-Indonesia-Vietnam.jpg
(Bola.com)

RIAUONLINE, KUALA LUMPUR - Indonesia harus puas meraih satu poin dalam laga kedua Grup C gelaran Piala Asia U-16 2018 setelah bermain imbang 1-1 lawan Vietnam di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Senin 24 September 2018 malam.

Vietnam langsung memberikan perlawanan ketat sejak awal dengan ciri khas ngotot dan kecepatan mereka. Sementara Indonesia baru mendapatkan peluang pertama pada menit ke-14 ketika tendangan tanggung Amiruddin Bagus ditangkap Nguyen Duy Dung.

Terus menekan, barisan pertahanan Indonesia lengah dan memaksa Salman Alfarid melanggar Ha Trung Hau di sisi kanan permainan Vietnam. Momen itu dimaksimalkan Vietnam untuk mengejutkan Indonesia lewat gol cantik tendangan bebas kaki kiri Khuat Van Khang pada menit ke-31.

Empat menit berselang, Bagus punya kans untuk bisa menyamakan kedudukan melalui eksekusi tendangan bebas di dekat kotak penalti Vietnam. Akan tetapi, eksekusi topskor Piala AFF 2018 tersebut tak berhasil mengancam gawang lawan karena membentur pagar hidup.

Unggul satu gol membuat Vietnam lebih mengandalkan serangan balik dan nyaris menggandakan keunggulan apabila tendangan jarak dekat Nguyen Quoc Hang yang lolos dari jebakan off-side tak mampu dimentahkan oleh Ernando Ari. Skor 1-0 bagi Vietnam bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, pelatih Fakhri Husaini mengganti Amanar Abdillah dengan Sutan Zico dan keputusan tersebut berbuah hasil. Kurang lima menit menginjakkan kaki di lapangan, Zico langsung mencetak gol penyeimbang ketika tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti mengejutkan Duy Dung.


Gol Zico tersebut melecut semangat juang rekan-rekannya yang terus mengurung pertahanan Vietnam. Pergerakan sang striker yang ditopang Hamsa Lestaluhu dan Bagus dari kedua sayap konsisten menebar ancaman hingga memasuki sepertiga akhir waktu permainan.

Menit ke-79, Hamsa mendapat kesempatan untuk membawa Indonesia berbalik unggul, tapi sepakannya yang meneruskan umpan silang lemah dan mudah ditangkap Duy Dung. Striker Vietnam, Dau Ngoc Thanh membuang dua kans Vietnam secara beruntun pada menit ke-82, sepakannya digagalkan tiang dan penyelamatan Ernando.

Lima menit akhir, Mochammad Supriadi masuk menggandikan Hamsa dan pergerakannya cukup merepotkan lini belakang Vietnam. Indonesia pun terus mengurung pertahanan lawan, hanya saja hingga wasit meniup peluit akhir skor 1-1 tidak berubah.

 

Tulisan ini sudah tayang di Bola.com dengan judul "Hasil Pertandingan Piala Asia U-16: Indonesia 1-1 Vietnam"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id