Sulit Hadapi Tim Timur Tengah, Tapi Milla Punya Pengalaman Hadapi UEA

Pelatih-Timnas-Indonesia-Luis-Milla.jpg
(JPNN.COM)

RIAUONLINE - Timnas U23 bakal melawan Uni Emirat Arab pada babak 16 besar Asian Games 2018, Kamis esok, 23 Agustus 2018. Namun pengalaman mencatat bahwa Timnas U23 sejauh ini belum pernah berhasil mengalahkan tim dari Timur Tengah. Timnas U23 sulit mengembangkan permainan bila bertemu dengan pemain Timur Tengah yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata pemain Asia Tenggara.

Namun dibalik itu, Pengalaman Luis Milla menangani kesebelasan asal Uni Emirat Arab menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia U-23 ketika menghadapi negara Asia Barat itu dalam laga 16 besar Asian Games 2018, Jumat (24/8).

Dalam 11 tahun karier kepelatihannya, Milla pernah menangani klub Al Jazira yang merupakan salah satu klub penghuni divisi teratas kompetisi sepak bola di Uni Emirat Arab pada 2013.

Meski tidak lama berada di UEA, mantan pemain Barcelona, Real Madrid dan Valencia itu cukup memahami karakter sepak bola salah satu negara jazirah Arab tersebut.



"Pelatih Milla punya pengalaman melatih di UEA, dia tahu betul karakter pemain negara tersebut, makanya ada instruksi khusus dari pelatih untuk tetap menjaga spirit dan kontrol emosi saat pertandingan," jelas asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 Bima Sakti setelah sesi latihan, Rabu (22/8) pagi, seperti dikutip dari Antara.

Mengenai masalah taktik, Bima menjelaskan Zulfiandi dan kawan-kawan akan berupaya mengeksploitasi lawan yang memiliki tubuh tinggi dan besar.

"Mungkin strategi yang sama akan kami terapkan [ketika melawan Hong Kong], yakni umpan pendek dan permainan cepat, karena kami tahu pemain UEA berpostur tinggi layaknya pemain asal Timur Tengah," ucap Bima.

Mantan gelandang Timnas Indonesia itu belum dapat memastikan pemain-pemain yang akan tampil dalam laga menghadapi UEA. Bima menerangkan tim Merah Putih masih memiliki satu hari latihan yang akan digunakan untuk memantau kesiapan pemain.

Sesi latihan yang berlangsung Rabu pagi diisi agenda pemulihan pemain inti yang tampil ketika menghadapi Hong Kong. Sementara pemain-pemain lainnya menjalani latihan taktik dan simulasi pertandingan mini.

Artikel ini lebih dulu tayang di CNN Indonesia dengan judul: Pengalaman Milla di UEA Jadi Keuntungan Timnas Indonesia U-23