Aktual, Independen dan Terpercaya


Review Piala AFF U19, Indonesia Vs Vietnam: Harus Menang

Timnas-Indonesia-U-19.jpg
(PSSI.org)

RIAUONLINE - Timnas Indonesia U19 tengah dalam percaya diri tinggi usai berhasil menundukkan Filipina dengan skor 4-1, di Stadion Delta Sidoarjo, Kamis, 5 Juli 2018. Garuda Nusantara menang secara dramatis dengan rentetan empat golnya sepuluh menit jelang akhir pertandingan.

Padahal setelah ketinggalan 0-1 di babak pertama, Timnas U19 begitu kesulitan membobol gawang lawan. Namun Timnas U19 harus segera melupakan euforia kemenangan itu menyusul berhadapan dengan Vietnam U19, Sabtu, 7 Juli 2018. Hitungan di atas kertas, Vietnam tentunya bakal lebih memberikan perlawanan dan ancaman cukup besar bagi anak-anak Garuda Nusantara.

Dalam tiga laga terakhir di Grup A, antara Vietnam dan Timnas Indonesia U19 mampu melewati pertandingan dengan baik. Garuda Nusantara sukses meraih nilai sempurna 9 poin dari kemenangan tiga laga. Sedangkan Vietnam meraih poin 7 dari dua kemenangan dan satu seri melawan tim juara bertahan Thailand.

Timnas U19 Indonesia dengan susah payah mengalahkan Laos 1-0 pada partai pertandingan pertama. Begitu pula saat melawan Filipina, Timnas U19 butuh waktu 80 menit memecah kebentunan yang pada akhirnya menang 4-1. Sedangkan pada laga sebelumnya Vietnam mampu menundukkan Filipina dengan skor telak 5-0 tanpa balas. Di mana di pertandingan keduanya, anak-anak negeri Paman Ho ini sukses menundukkan Laos dengan skor besar 4-1. Pada laga awal, Vietnam mampu mengimbangi Thailand 0-0.

Meski meraih poin sempurna dari tiga laga, boleh dikatakan pertandingan ini menjadi penentu bagi anak-anak Garuda Nusantara. Timnas U19 harus mampu manangkis kekuatan serangan Vietnam yang dikenal cepat dan mematikan, sedapat mungkin harus menang. Faktor tuan rumah menjadi keuntungan tersendiri bagi Sadil Ramdani dkk melewati laga ini.

Timnas sedapatnya tidak boleh kalah mewalan Vietnam sebab lawan yang menanti setelah ini cukup berat yakni sang juara bertahan Thailand. Sedangkan bagi Vietnam, bila menang melawan Timnas Indonesia menjadi modal penting untuk memudahkan langkahnya meraih satu tiket semifinal, sebab di partai akhir Timnas Vietnam bakal menghadapi Singapura yang sejauh ini masih menjadi lumbung gol di persaingan grup A. (RIAUONLINE)